Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Workshop Jaminan Produk Halal di Tanahdatar

Batusangkar (Humas-info) :   Ka Kankemenag Tanahdatar H. Amril membuka  secara resmi Workshop Jaminan Produk Halal Akselerasi 1 Juta Sertifikat Halal di Kabupaten Tanahdatar Prov. Sumbar berlangsung selama satu hari di Islamic Centre Pagaruyung Batusangkar Senin (31/7).

Kegiatan Workshop Jaminan Produk Halal itu merupakan kegiatan Kanwil Kemenag Sumbar yang pelaksanaannya digelar di Kabupaten Tanahdatar dan diikuti 150 orang peserta pelaku usaha di Kabupaten Tanahdatar. Tampak juga ikut serta pada kesempatan itu Kasi Bimas Islam H. Muhammad Algafari, Penyelenggara Zawa Abu Hanifah Nasution, Staf Bimas Islam Donis Juita dan H. Burhanuddin.

Hadir dalam pembukaan tersebut Ka Dinas Koperindag dan UMKM Kabupaten Tanahdatar Hendra Setiawan, Kabid UMKM Sumbar diwakili Hilma Jalil, Badan Penyelenggara Jaminan  Produk Halal (BPJPH) Lady, dan Satgas Halal Kanwil Kemenag Sumbar H.Ikrar Abdi.

H. Amril dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ka Kanwil Kemenag Sumbar, Bupati Tanahdatar, Dinas Koperindag dan UMKM Sumbar dan Tanahdatar yang telah memfasilitasi pensertifikatan halal UMKM yang ada di kabupaten Tanahdatar.

Sertifikat halal itu sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha karena konsumen dari produk yang dikeluarkan tersebut mayoritas umat Islam. Karena itu dia berharap dengan adanya kegiatan workshop tersebut dapat meningkatkan jumlah pelaku UMKM mensertifikathalalkan usahanya.

H. Amril berharap kepada peserta workshop untuk dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik baiknya, dengan harapan ada penambahan sertifikat halal di Kabupaten Tanahdatar.

Sementara Satgas Halal Kanwil Kemenag Sumbar H. Ikrar Abdi menjelaskan, Prov. Sumbar merupakan peringkat nomor 7 Nasional dalam percepatan sertifikasi halal.

Ditegaskannya, Sumbar terus berupaya mensertifikasi halal seluruh kantin, tidak hanya kantin madrasah saja, tapi  berikutnya juga kantin sekolah yang ada di Sumbar.

Selanjutnya Kabid UMKM Sumbar diwakili Hilma Jalil menjelaskan, Kegiatan workshop tersebut adalah kesempatan baik bagi pelaku usaha UMKM di Tanahdatar untuk mensertifikat-halalkan produknya secara gratis.

Para pelaku usaha adalah pahlawan ekonomi di Sumbar, Sumbar tidak punya perusahaan besar tapi Sumbar punya banyak pelaku usaha. Di Sumbar ada sebanyak 180 ribu orang lebih pengangguran, jadi pelaku usaha UMKM itulah salah satu solusi untuk mengatasi pengangguran, dengan membuka lapangan kerja pada usaha yang dimilikinya.

Ditambahkannya, dia sudah banyak tergabung dengan perantau minang yang ada diluar negeri, jadi bagi pelaku usaha yang ingin dipromosikan harap melengkapi semua persyaratan / dokumentasinya, ujar Hilma Jalil  berharap. (Adm.@di/Yon).

 6,352 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

1 2 9 6 4 8
Users Today : 19
Users Yesterday : 84
Views Today : 31
Views Yesterday : 150
Who's Online : 0
Your IP Address : 44.210.99.209


 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
April 2024
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran