Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Tanah Datar laksanakan seminar KTI penghulu pertama kali di sumbar

Batusangkar, Bimas Islam
Seksi Bimas islam Kantor Kamenag Kab. Tanah Datar bersama Asosiasi Penghulu Republik Indonesia ( APRI ) Kab Tanah Datar gelar Seminar KTI penghulu pertama di Sumatera Barat pada hari rabu 14 September 2022 di Hotel Emersia Batusangkar. Seminar KTI penghulu dilaksanakan dalam rangka pemetaan penghulu dan mengetahui sumber daya penghulu Kab Tanah Datar demikian laporan kegiatan oleh H Alinardius, Kasi Bimas Islam Kemenag Tanah Datar. Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Tanah Datar Drs H Syahrul dalam pembukaan kegiatan menyampaikan cakupan tugas penghulu semakin banyak apalagi dalam gerbang revitalisasi KUA yang sudah di depan mata, bukan hanya urusan NR semata namun juga kemasjidan, zakat wakaf, faham keagamaan dan haji, maka Ka. KUA/ penghulu harus mampu menjadi motor penggerak di tengah-tengah masyarakat.
Kepala Kanwil Kemenag Sumbar dihadiri Kabid Urais H Edison.M.Ag mengajak penghulu lebih kreatif untuk melahirkan ide dan pemikiran yang bernas melalui karya tulis ilmiah ( KTI ) . KTI merujuk pada Kepdirjen no 327 tahun 2022 tentang pedoman penyusunan KTI jabatan fungsional Penghulu. diharapkan penghulu kab Tanah Datar cepat proses pindah jenjang jabatan setelah lulus UKOM ( Uji Kompetensi penghulu) harus membuat KTI sebagai bukti profesionalnya. Kegiatan seminar KTI ini merupakan kegiatan pertama tingkat Sumatera Barat, apresiasi disampaikan Kabid buat Seksi Bimas Islam APRI Tanah Datar yang dikomandai penghulu senior H Syafrijal Malin, apalagi kegiatan ini disamping off line oleh penghulu Kab Tanah Datar juga ditayangkan via Zoom ke seluruh penghulu di Sumatera Barat.
pada Seminar KTI tahun tampil 7 orang pemakalah yakni : Iswandi (Ka. KUA Salimpaung), Hasril Efendi (Ka KUA Kec Padang Ganting), Bisti Syamsuri ( Ka KUA Kec X Koto), Dafrizon ( Ka KUA Kec V Kaum), Benni (Ka KUA Kec Sungai Tarab, Syamsul Bahri (Ka KUA Kec. Sungayang) dan Zul Andris ( Ka KUA Kec Batipuh Selatan). sedang topik bahasan yang dibahas tentang pernikah sirri, pernikahan Dini, Menikahkan wanita hamil, Dispensasi nikah dan Binwin dalam kajian fikih dan peraturan perundang-undangan RI
Dr. Efi Chandra.M.Ag,Phd Rektor II Universitas Negeri ( UIN) Mahmud Yunus Batsangkar, selaku penelis utama memberikan masukan untuk penyempurnaan makalah KTI tersebut baik menyangkut konten, metodologi maupun penguatan data dan fakta. beliau siap membimbing demi kesempurnaan maka penghulu tersebut.
Seluruh pengurus APRI dan anggota memberikan masukan dan kritikan untuk kesempurnaan makalah tersebut. dengan motto singkronisasi fikih dan regulasi , menguliti isi dan mendudukkan kaji penghulu bersemangat mengikuti dan menyelesaikan seminar KTI dengan baik. (hamidyy)

 2,785 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 6 4 8 2 3
Users Today : 8
Users Yesterday : 47
Views Today : 13
Views Yesterday : 111
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.236.52.68

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
Oktober 2022
S M T W T F S
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran