Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

TAKUTLAH NERAKA

Intisari Khutbah Jumat

Diterjemahkan Oleh: Muhammad Abrar Ali Amran

Penerjemah Kemenag Tanah Datar

Setiap yang mengaku hamba Allah pasti takut akan api neraka, mereka tidak akan lupa akan kembali kepada Allah, berapapun lama hidup mereka  pasti akan mati, setelah itu dibangkitkan, setelah itu dihisab, hasilnya bisa jadi antara surga dan neraka, neraka sudah pasti di hadapan.

Surah al-Furqan ayat 65 menjelaskan bahwa hamba Allah pasti meminta untuk dijauhkan dari azab jahanam karena azab tersebut pasti adanya. Dan itu adalah seburuk-buruknya tempat kembali. Kalaulah akhir hidup ini adalah kematiann niscaya akan menjadi ringan, namun ada sakratul maut, kubur, mizan hisab dan sebagainya.

Ibnu Abi Maisarah, seorang pemuda shaleh selalu menangis apabila hendak tidur dan berkata “aduhai… kalau seandainya ibuku tidak melahirkanku”; ibunnya berkata, wahai anakku, Allah telah baik kepadamu dengan hidayah Islam beliau menjawab: tetapi wahai ibuku Allah telah mengatakan kepada kita bahwa kita dihadapkan kepada neraka dan tidak memberi tahu bahwa kita menjauh darinya. Dan kita tidak tahu siapa yang selamat dan siapa yang tidak.

Permasalahan setiap manusia adalah bahwa akhirat itu jauh dari pikiran mereka,  mereka hanya memikirkan kekinian mereka, hari ini, keuntungan sementara, adapun besok jauh dari diri, pikiran, pandangan, hayalan mereka, walaupun hakikatnya sangat dekat karena setiap yang akan datang dekat “likulli atin, qarib”.

Akan tetapi hamba Allah sangat berbeda; Mereka selalu ingat akhirat dan neraka, di akhir setiap shalat selalu berdoa kepada Allah untuk dijauhkan dari azab jahanam, azab kubur, fitnah hidup dan mati serta fitnah masih dajjal. Doa ini selalu mereka baca setelah tasyahhud. Nabiyullah Daud mengatakan dalam doanya ya Alllah panas mataharimu saya saya tidak sanggup apalagi panas neraka. Hamba Alla harusnya berada diantara takut dan harap jangan terlalu harap sehingga lengah dari azab Allah dan jangan terlalu takut sehingga putus asa dari rahmat Allah. Setiap manusia harus menyelamatkan dirinya dari neraka dengan amal shaleh dan menjauhi larangan Allah, selamatkan diri anda dari neraka dengan taubat kepada Allah apabila berbuat dosa.

Hasan Al-Basri suatu ketika lewat ke seorang pemuda yang sedang ketawa terbahak-bahak, maka sang imam bertanya kepadanya: kenapa anda ketawa: apaka anda tahu akan menerima kitabmu dengan tangan kanan atau tangan kiri, ia menjawab tidak, apakah engkau pernah melewati sirath dan selamat? Ia menjawab tidak, apakah engkau tahu akan masuk ke neraka atau selamat? Ia menjawab tidak. Kalau begitu kenapa engkau ketawa: sang pemuda tertunduk dan menangis.

Ini bukan perintah untuk selalu menangis, namun hendaknya setiap manusia mengingat akhirat secara terus menerus, ingatlah akahirat dan jangan dibuang di belakangmu, jangan dilupakan. Ingat dia sampai hidupmu lurus, sampai amalmu lulus, sampai langkahmu lurus di jalan Allah.

Allahumma Inna Nasaluka al jannah, wa nasta’izuka minannar..

Khutab al-Syaikh al-Qaradhawi Maktabah Wahbah cet pertama 1998 h. 44 s/d 49

 1,593 total views,  1 views today

Berita Terkini
Pencarian
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 5 0 9 9 8
Users Today : 20
Users Yesterday : 44
Views Today : 42
Views Yesterday : 100
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.235.175.15

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Daftar Website
Daftar Website di Lingkungan Kemenag Tanah Datar
Agenda Kegiatan
September 2021
S M T W T F S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 1 2
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran