Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Sosialisasi Regulasi jajaran KUA se Tanah Datar

Batusangkar, Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kab Tanah Datar mengadakan acara Sosialisasi Regulasi Kelembagaan KUA di Aula Kantor Wali Nagari Limo Kaum Kecamatan Lima Kaum Kabupatn Tanah Datar Selasa (16/08/2022) yang diikuti oleh seluruh Kepala KUA dan Penghulu serta JFU pada KUA Kecamatan se Kab. Tanah Datar.
Sub koordinator Bina Lembaga dan Sarpras, serta Sistem Informasi Urais Kanwil Kemenag Sumbar, Yosef Chairul,S.Ag sebagai nara sumber mengingatkan 10 fungsi KUA. “Menurut PMA no 34 Tahun 2016, KUA memiliki 10 tugas, pertama pelaksanaan pelayanan, pengawasan, pencatatan dan pelaporan nikah dan rujuk,” ujarnya.
Kemudian fungsi kedua sebagai tempat penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam, sebagai pengelola dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA Kecamatan dan sebagai tempat pelayanan bimbingan keluarga sakinah.
“Yang kelima sebagai tempat pelayanan bimbingan kemasjidan, pelayanan bimbingan hisab rukyat dan pembinaan syariah, pelayanan bimbingan dan penerangan Agama Islam, pelayanan Bimbingan Zakat dan Wakaf, pelaksanaan ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA Kecamatan dan yang terakhir sebagai tempat layanan bimbingan Manasik Haji bagi Jemaah Haji Reguler,” jelasnya secara rinci.
Ia mengibaratkan KUA sebagai warung kecil harus menjual semua yang dibutuhkan masyarakat paling bawah. “Sehingga masyarakat tidak perlu lagi ke warung lain karena semua yang dibutuhkan dalam layanan KUA ada disatu tempat,” lanjutnya
Hal ini termaktub dalam salah satu program Kementerian Agama yaitu revitalisasi KUA. “Tujuan revitalisasi KUA adalah untuk meningkatkan layanan keagamaan kepada masyarakat, meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Datar, Drs. H. Syahrul, menjelaskan pada kegiatan ini. “Semoga ini menjadi motivasi bagi Kepala KUA di kabupaten Tanah Datar untuk terus meningkatkan layanan pada KUA,” ujarnya. Menurutnya ada tiga layanan pada KUA, pertama layanan menikahkan, kedua layanan keluarga sakinah dan ketiga layanan keagamaan.

Untuk mencapai hal tersebut diperlukan manajerial harus tertata dengan baik dan harus ada output manajerial. “Manajernya adalah Kepala KUA dengan Pelaksana penghulu dibantu JFU,” katanya
H Alinardius Kasi Bimas Islam kamenag Tanah Datar menjelaskan Tujuan kegiatan ini adalah upaya untuk meningkatkan kualitas dan kinerja dalam peningkatan layanan KUA di kabupaten Tanah Datar, dengan tetap memberikan pelayanan yang prima. Dalam kesempatan ini juga dikupas tentang layanan simkah web yang terus mengalami penyempurnaan sehingga nanti akan terintegrasi dengan aplikasi lainnya. Pada kesempatan itu juga Kasi Bimas Islam H. Alinardius, MA, juga menegaskan bahwa Program Revitalisasi KUA bertujuan untuk meningkatkan pelayanan prima secara digitalisasi. (abualhamidyy)

 3,271 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 6 4 8 2 7
Users Today : 12
Users Yesterday : 47
Views Today : 19
Views Yesterday : 111
Who's Online : 2
Your IP Address : 3.236.52.68

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
Oktober 2022
S M T W T F S
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran