Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima Kementerian Agama RI Tahun 2021

Batusangkar, (Humas) :         Pelaksana Analis Layanan Umum Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar Adinofiar bersama Kasubbag TU H. Yusmarli mengikuti Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima Kemenag RI melalui Zoom Meeting di ruang loby Kemenag Tanah Datar tersebut Rabu pagi (22/9).

Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima Kementerian Agama RI Tahun 2021 itu dibuka secara resmi Kepala Biro Ortala Kementerian Agama RI Akhmad Lutfi di Jakarta yang berlangsung dari pukul 09.00 s/d 12.00 WIB.

Kepela Biro Ortala Akhmad Lutfi dalam arahannya menyampaikan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan prima, diantaranya harus  berpenampilan baik ( bertubuh segar, murah senyum, suka menyapa), punya sikap ramah, sabar dan mampu berkomunikasi yang baik kepada setiap tamu yang datang. Zoom Meeting tersebut menghadirkan pemateri Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Deputi Pelayanan Publik Kemeterian PAN-RB Noviana Andriana.

Noviana Andriana dalam materinya menjelaskan untuk menjadikan pelayanan itu menjadi pelayanan prima maka harus merubah mindset, yaitu penguasa menjadi pelayan, wewenang menajdi peranan dan jabatan adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan. Melayani tamu sesuai antrean, jangan memandang status social atau jabatan oang yang dilayani.

Dalam kesempatan tersebut Noviana Andriana menyampaikan , pelayanan prima merupakan  pelayanan yang diberikan melebihi harapan pengguna layanan. Sehingga harapan para pengguna layanan itu setidaknya ada tujuh harapan, yaitu memperoleh kejelasan informasi pelayanan, rasa aman dan nyaman, segera dapat dilayani, dilayani oleh petugas yang professional, dilayani dengan baik, dipahami keinginannya dan mudah menghubungi petugas layanan.

Kemudian dalam peningkatan  kompetensi budaya layanan prima ada 5 kompetensi,  yaitu pemenuhan aturan penyelenggaraan pelayanan publik, peningkatan kualitas SDM Aparatur, pemenuhan sarana (ruang parkir, pasilitas ruang tunggu, sarana front, sarana penunjang serta fasilitas berkebutuhan khusus) dan prasarana layanan publik, pemenfaatan teknologi informasi dan inovasi layanan publik. Di akhir materinya,  Noviana Andriana memaparkan kunci peningkatan kualitas pelayanan (hospitality) ialah  perilaku wajib dalam melayani, yaitu merespon cepat, senyum, ramah, sabar mampu meredam emosi, disiplin, tulus melayani, mendengar, peka, menghormati, membantu, tidak segan mengucapkan maaf atau terimakasih, menawarkan solusi, fokus dan dapat dipercaya. (Adi).

 4,643 total views,  1 views today

Berita Terkini
Pencarian
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 5 1 9 5 9
Users Today : 25
Users Yesterday : 15
Views Today : 53
Views Yesterday : 37
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.237.16.210

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Daftar Website
Daftar Website di Lingkungan Kemenag Tanah Datar
Agenda Kegiatan
Oktober 2021
S M T W T F S
26 27 28 29 30 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran