Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

SOLUSI AGAR KHUSU’ DALAM SHALAT

Apabila kamu memulai shalat kemudian menumpuk pikiranmu dan tidak dapat untuk khusyu’ maka ini solusinya.

Bisa jadi dirimu direnggut di tengah kesibukanmu, kemudian engkau berwudhu dan mencari  sudut dan tempat untuk menunaikan shalat dengan tergesa-gesa, namun begitu engkau mengucapkan takbiratul ihram maka menyeranglah pikiran dari segala sudut dan setiap celah, apakah engkau sudah melakukan ini? Apakah engkau sudah mengerjakan itu? Dan apa yang sudah kau lakukan tentang urusan itu? Bagaimana engkau bereaksi terhadap si fulan? Apa yang akan engkau jawab kepada si fulan? Dan tetiba engkau memperhatikan sesuatu yang penting… eh ternyata shalatmu sudah selesai tanpa sadar apa yang sudah engkau kerjakan dan apa yang sudah engkau ucapkan!

Apakah pernah hal ini terjadi pada kamu? Apabila jawabanmu iya anda tidak sendirian, kebanyakan kita merasakan hal yang sama, khususnya ketika kita dalam keadaan sibuk yang tinggi dan banyak hal-hal yang meragukan dalam pekerjaan yang mengharuskan kita mengambil keputusan tepat tentang itu, maka konsentrasi dalam shalat menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi kebanyakan muslim di bumi yang keras ini.

Kenyataannya tidak ada orang yang mempuanyai teori rahasia agar bisa khusu’, khusu’ adalah jihad jiwa dengan setan, dan itu adalah pertempuran yang harus dihadapi setiap mukmin walau bagamanapun susahnya itu, karena khusu’ adalah ruhnya shalat, dan rahasianya yang besar, shalat adalah hubungan antara hamba dengan rabbnya bagaimana mungkin terjalin hubungan sementara hati sang hamba lalai di tempat lain.

Dalam makalah ini kita sharing beberapa nasehat ahli ilmu yang akan menolongmu merealisasikan khusu’ dalam shalat insyaAllah.

Pertama: Menghadirkan keagungan Allah dan menerimanya;

Setiap muslim harus menghadirkan makna takbiratul ihram ketika mengucapkannya, dan ketika mengucapkan Allahu Akbar, hendaknya ia mengetahui dalam dirinya bahwa Allah Maha Besar dan lebih penting dari segala yang akan menggagu pikirannya dari urusan dunia sepenting  apapun urusan itu, dunia ini hanya ladang akhirat, setiap kesuksesan di dunia apabila tidak berkaitan dengan Allah dan bukan karena Allah adalah sesuatu yang tidak berguna di timbangan akhirat.

Kedua: mentafakuri makna yang kita baca baik dari Al-Quran maupun bacaan shalat lainnya:

Al-Quran adalah pesan dari Allah kepada manusia, setiap kata di dalamnya ditujukan di tempatnya, oleh karena itu wajib bagi setiap muslim untuk selalu semangat memahami Al-Quran, menghadirkannya dan memikirkannya dalam shalat, ini pembawa khusuk terbaik.

Adapun tentang bacaan shalat, maka itu adalah sunnah-sunnah dari Rasulullah SAW, dan itu banyak dan bervariasi dalam bentuk dan sighatnya, ada yang datang dari Rasulullah  seperti doa istiftah misalnya (do’a yang dibaca setealah takbiratul ihram sebelum membaca alfatihah) diantara sighat itu adalah:

  • “Allahumma ba’id baini wabaina khathayaya kama baadta bainal masyriq wal maghrib, Allahumma naqiini minal khataya kama yunaqqa tsaubul abdyadu minaddanas, Allahummaghsil khatayaaya bilmaai watsalji walbarad”
  • Wajjahtu wajhiya lillazi fatharassamawati wal ardha hanifan musliman wama ana minal musyrikin, inna shalati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi Rabbil Alamain, la syarika lahu wabizalika umirtu wa ana minal muslimin, dalam riwayat lain wa ana awwalul muslimin”
  • “Subahankallahumma wabihamdika, watabaraka ismuka wa ta’ala jadduka wala ilaha ghairuka”

Setiap muslim dapat memilih salah satu dari shigat tersebut di setiap shalat bahkan boleh untuk menfariasikannya demikian juga dengan bacaan ruku’, sujud, dalam rakaat shalat tersebut, atau mengumpulkan beberapa bacaan yang berbeda, ini akan menyebabkan lebih fokus dan khusu’ insya Allah.

Ketiga: Memilih tempat yang tenang untuk shalat;

Bagi setiap muslim hendaknya memilih tempat yang jauh dari kebisingan dan kesibukan sedapat mungking untuk shalat, ini akan menolongnya untuk bertadabbur terhadap apa yang di baca dalam shalat dan akan menambah khusu’ dalam shalat.

Keempat: Minta pertolongan kepada Allah:

Meminta pertolongan dan bantuan Allah secara kontinyu adalah bagian dari ibadah, Rasulullah SAW berkata: “Do’a itu adalah ibadah” HR; Ahmad dan Ashab Sunan. Oleh karena itu setiap muslim hendaknya bersungguh-sungguh dalam berdo’a meminta pertolongan Allah di setiap urusannya, apalagi dalam urusan khusu’ shalat, bagamana sulitnya pun mendapatkan khusu’ , namun setiap muslim harus melakukannya dengan sunguh-sungguh untuk mencapainya, dan bertawakkal kepada Allah dan bersunguh-sungguh berdo’a, jikalau Allah mengetahui luhurnya niatnya dan Allah lihat ia menerima Allah demikian, maka Allah akan memberikan taufiknya dan menolong untuk itu, ini adalah janji yang dipastikan Allah terhadap dirinya: “dan orang-orang yang bersungguh-sungguh kepada kami akan kami hidayahkan jalan kami sesungguhnya Allah benar bersama orang yang muhsin”  QS: Al-Ankabut. 6.

Diterjemahkan Oleh: Muhammad Abrar Ali Amran, Lc. MA.

           Penerjemah Kemenag Tanah Datar

Sumber :  https://news188media.com/barcelona/?p=24085

 3,802 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 6 8 8 6 3
Users Today : 46
Users Yesterday : 83
Views Today : 99
Views Yesterday : 178
Who's Online : 3
Your IP Address : 3.238.118.80

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
Desember 2022
S M T W T F S
27 28 29 30 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran