Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Shalah Athiyah Pengusaha Langka

Diterjemahkan oleh: Muhammad Abrar Ali Amran

Penerjemah Kemenag Tanah Datar

Setelah menyelasaikan wajib militernya pada tahun 1974, Shalah Athi;yah, seorang insinyur pertanian bermusyawarah dengan beberapa saudaranya di kampung seputaran usaha apa yang bagus untuk mendatangkan uang, maka jatuhlah pilihan kepada peternakan unggas, dan setelah dilakukan pelajaran maka modal awal yang dibutuhkan untuk usaha tersebut sekitar 2 ribu pound Mesir, serta ditetapkan sepuluh orang dengan masing masing menanamkan modal sebesar 2 ratus pound mesir.

Karena kondisi kemisikinan desa Tafahna di provinsi Daqahliah Mesir, sangat sulit rasanya untuk mendapakan uang sebanyak itu, sehingga sebagian mereka harus menjual perhiasan yang isteri-isteri mereka dan sebagian lagi terpaksa meminjam untuk mendapat sejumlah uang tersebut sampai didapatlah sembilan orang.

Pencariah terhadap partner ke sepuluh terus dilakukan beberapa waktu sampai salah seorang diantara mereka mengusulkan untuk menjadikan Allah SWT sebagai partner ke sepuluh dimana bahagian untung ke sepuluh tersebut akan dibagikan kepada penduduk desa dalam bentuk sumbangan social. hasil pada panen pertama sangat bagus, demikian juga panen berikutnya yang menjadikan peternakan berkembang menjadi dua, tiga dan seterusnya.

Dan dimulai pembagian teman ke sepuluh diarahkan untuk membangun Taman Kanak kanak, dan keuntungan selanjutnya dipergunakan untuk membangun Sekolah Dasar Al-Azhar untuk laki-laki, dilanjutkan dengan SD Al-Azhar Wanita, dilanjutkan membangun MTs Laki laki dilanjutkan dengan MTs Wanita, kemudian berlanjut ke Madrasah Aliyah Laki-laki dan Perempuan.

Kegiatan diperluas untuk pabrik makanan, dan dibeli beberapa tempat pertanian yang lebih luas di daerah al-shalahiyah untuk pabrik produksi pertanian, untuk memproduksi bahan bahan pertanian, dan menangani  proyek-proyek sosial seperti pendidikan perempuan, untuk rumasakit kemudian membangun fakultas Syariah dan Qanun, fakultas Pertanian wanita dan fakultas Pendidikan dan juga telah dibangun asrama bagi wanita dan laki laki

Dan untuk menyempurnakan kesuksesan percobaan ini dibangun persatuan khusus bagi lelaki di kampung tersebut, yang bergerak dibidang pertanian dan produksi bahan pertanian, dan persatuan bagi pemuda untuk pendidikan dan perbaikan tingkat pendidikan di sekolah sekolah desa. Dan persatuan penyelasai perselisihan dalam kampung di setiap tingkatan keluarga, pertanian dan lainnya.

Hasil dari persatuan itu semua bahwa dalam masa limabelas tahun tidak ditemukan permasalah di kawasan tersebut dan juga dibangun disana dua kantor advokat di kampong itu,dan bermetamofosa menjadi kantor catatan pernikahan yang menyebabkan kantor lainnya sepi.

Perhatian mualai diarahkan untuk mempekejakan pengangguran dan dilaksanakan pembagian kambing untuk para janda, dan mempekerjakan remaja wanita di untuk menjahit serta memberikan pengangguran alat-alat yang mereka butuhkan untuk pekerjaan mereka walaupun ada diantara mereka sebagai dokter, dan orang-orang yang tidak sanggup bekerja dibuatkan proyek perdagangan bagi mereka sehingga jadilah desa tersebut tanpa pengangguran dan zero miskin.

Percobaan yang dialkukannya jauh dari ekspos sampai pada momen media social dihebohkan dengan foto janazah di kampong yang diikuti oleh lebih dari setengah juga orang dan netizen bertanya siapa orang tersebut? jawabannya adalah Shalah Athiyah.

https://lusailnews.net/knowledgegate/opinion/04/06/2019صلاح-عطية..-رجل-أعمال-نادر

 1,125 total views,  1 views today

Berita Terkini
Pencarian
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 5 0 9 9 8
Users Today : 20
Users Yesterday : 44
Views Today : 42
Views Yesterday : 100
Who's Online : 1
Your IP Address : 3.235.175.15

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Daftar Website
Daftar Website di Lingkungan Kemenag Tanah Datar
Agenda Kegiatan
September 2021
S M T W T F S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 1 2
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran