Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Follow Us on Twitter
Panel Login

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Semangat berkurban 2

ada sebuah berita yang sangat buming pada media sosial hari ini, kejadiannya di pulau jawa ada seorang nenek yang berprofesi sebagai pemulung sampah dan botol bekas berpakaian compang camping , terkadang malam di emperan dan makannya hanya dari imbalan kasih sayang orang lain. Ternyata sang nenek pemulung ini menemui pengurus masjid dan menitipkan uang Rp. 10 juta untuk berkurban 1 ekor sapi. Awalnya pengurus masjid heran namun ini kenyataan terjadi bahkan beberapa televisi mewawancarai nenek pemulung ini apa alasan sang nenek pemulung ini. Apa jawaban sang nenek pemulung itu ? setiap saya keluar sudah tertancap niat dihati saya untuk kurban hingga menimbulkan semangat dan energi untuk mewujudkannya dan alhamdulillah dikabulkakan allah hingga saat ini terwujud. Pelajaran paing berharga bagi kita kenapa orang yang hidup serba kekurangan masih mampu berkurban dan bagaimana dengan kita yang serba banyak karunia Allah masih menunda qurban, naif sekali rasanya !!!
Nabi Ibrahim AS melaksanakan ibadah qurban di tengah-tengah cobaan iman yang sangat dahsyat sebagaimana diungkapkan dalam surah ash shafat ayat 100-105. Di Usia tua Ibrahim sangat mendambakan anak yang shaleh melalui istrinya siti sarah namun belum dikabulkan Allah. ketika siti sarah menyuruh Ibrahim menikahi siti hajir baru Ibrahim di karuniai anak Ismail AS. ketika Ismail beranjak remaja disitulah diawali mimpi pada hari nahar 8 dzul hijjah dan hari arafah 9 dzulhijjah. Menurut akal logis mana mungkin Allah menyuruh berkurban dengan menyemblih putra satu-satunya saat itu. Begitu juga Ismail mana mungkin ada seorang anak akan rela disemblih ayah kandungnya, apalagi ibu yang mmengandung dan membesarkannya. Ketika itu perintah Allah sang instri mengatakan laksanakan duhai suamiku. begitu juga Ismail yang mengatakan insya Allah saya dalam kesabaran. Semangat iman yang kokoh dan keikhlasan pada perintah Allah Ibrahim mampu melaksanakannya . Ketika perintah Allah jadi motivasi akhirnya Ismail diganti dengan kibas inilah awal pensyariatan qurban dalam islam.


Jadwal Shalat untuk Wilayah Batusangkar dan Sekitarnya

.



Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook


 


Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Kalender
Oktober 2020
S M T W T F S
27 28 29 30 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran
Statistik Kunjungan
  • 29062Total Pengunjung:
  • 6Hari ini:
  • 26Kemarin:
  • 0Online: