Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

SEBELUM RAMADHAN BEBERAPA SAAT… 6 HAL UNTUK MEMASUKI BULAN RAMADHAN

Hani Dhawwah

Tidak berapalama lagi kita memasuki hari-hari bulan yang mulia.. bulan Ramadhan mulia yang diturunkan disana Al-Quran dan diwajibkan disana berpuasa untuk dapat merealissasikan ketakwaan  dan dibukakan pintu surga dan di tutup pintu neraka.

Sebelum memasuki puasa ada beberapa hal mengawali masuknya bulan Ramadhan mulia dan untuk membantu beribadah yang baik kepada Allah SWT, dan ini adalah Langkah-langkah penting untuk mempersiapkan diri memasuki keberkahan bulan ini,  dengan hati suci murni agar terealisasi tujuan puasa itu yaitu taqwa, dan kita bekenalan dengan Langkah-langkah tersebut.

Pertama: Setiap muslim sebelum Ramadhan hendaknya berdiri di hadapan dirinya sembari bermuhasabah dan menghitung Kembali apa yang telah berlalu, dan hendaknya mencari kelemahan dan dosanya agar diobati dan diperbaiki

Kedua: Agar menyambut Ramadhan dengan bertaubat, supaya memulai halaman baru yang bersih, suci dari dosa, Nabi SAW memotivasi kit untuk bertaubat, ia berkata: “Niscayalah Allah lebih gembira dengan taubat seorang hamba Ketika bertaubat kepadaNya daripada sesorang dari engkau semua yang berada di atas kendaraannya dan berada di suatu tanah yang luas, kemudian menyingkirkan kendaraannya itu dari dirinya, sedangkan di situ ada makanan dan minumannya, orang tadi lalu berputus asa. Kemudian ia mendatangi sebuah pohon terus tidur berbaring di bawah naungannya, sedang hatinya sudah berputus asa sama sekali dari kendaraannya tersebut. Tiba-tiba di kala ia berkeadaan sebagaimana di atas itu, kendaraannya itu Nampak berdiri disisinya, lalu ia mengambil ikatnya, oleh sebab sangat gembira makaiya berkata; ya Allah Engkau adalah hambaku dan aku adalah TuhanMu” ia menjadi salah ucapannya karena amat gembira.”

Ketiga: Demikian juga dengan memperbaharui niat, dan diantara hal yang penting sebelum Ramadhan adalah mengikhlaskan dan meluruskan niat, yaitu mencari ridha Allah dengan masuknya bulan Ramadhan dan mengkhususkan ibadah untukNya tidak melihat pandangan manusia atau pujian mereka, dan berniat untuk keluar dari Ramadhan dalam keadaan akhlak menjadi baik dan naik derajat menjadi penghamba yang ikhlas.

Keempat: Bagi setiap muslim dengan masuknya bulan Ramadhan hendaknya memperbaiki hubungannya degan manusia  dan membersihkan semua kezaliman dan meminta maaf kepada yang telah ia zalimi dan mengembalikan haknya dan hendaknya menyambungkan silaturahim yang terputus, sungguh Nabi SAW telah bersabda: “Siapa yang mempunyai kezaliman terhadap saudaranya, kehormatan atau hartanya maka hendaknya ia membersihkannya hari ini sebelum diambil darinya kelak pada waktu yang tidak ada lagi dinar dan dirham, dan jika ia mempunyai amal shaleh maka diambillah darinya senilai kezaliman tadi, dan jika tidak ada amal shalehnya diambillah keburakan orang itu dan diletakkan untuk nya.

Kelima: Sebelum Ramadhan hendaknya kita bersihkan hati kita dari ketergantungan terhadap dunia dan kelezatannya, dan berjihad untuk melepaskan diri dari kebiasaan buruk dari hawa nafsu, ujub, sombong dan ria.

Keenam: Agar berpuasa dengan keimanan dan mengharap pahala supaya mempelajari hukum-hukum puasa dan apa yang berhubungan degan bulan Ramadhan yang mulia, sehingga puasa kita menjadi benar tanpa cacat, hal tersebut tercapai dengan mempelajari hukum-hukum bulan Ramadhan dan bagi setiap kepala keluarga untuk duduk Bersama isteri dan anak-anaknya untuk mempelajari hukum-hukum puasa dan keutamaan Ramadhan agar menjadi motivasi dan pendorong bagi yang kecil untuk berpuasa.

Penerjemah: Muhammad Abrar Ali Amran, Lc. MA.

Sumber:

https://www.masrawy.com/ramadan/islamicnnews-sunna/details/2018/5/14/1346419/قبيل-رمضان-بساعات-6-أمور-تدخل-بها-الشهر-الكريم

 3,540 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 6 4 8 2 3
Users Today : 8
Users Yesterday : 47
Views Today : 13
Views Yesterday : 111
Who's Online : 1
Your IP Address : 3.236.52.68

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
Oktober 2022
S M T W T F S
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran