Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

“RASULULLAH” TUNTUNAN AKHLAK KITA

Khutbah Jum’at

Rasulullah telah mendorong untuk berakhlak mulia dan menerangkan posisinya di Agama ini dalam banyak hadis, diantaranya hadis dari  Abu Zar RA ia berkata; berkata Rasulullah SAW  “Bertakwalah dimaapun kau berada iringalah perbuatan buruk dangan kebaikan nisacaya akan menghapusnya, berakhlaklah kepada manusia dengan akhlak yang baik” HR; Attirmizi dan di hasankan oleh Albani, Dari Abu Umamah RA ia berkata:  Rasul SAW bersabda; “Saya pemimpin (penjamin) pada rumah di rabad surga (dibawahnya) bagi yang meninggalkan mira’ (perdebatan) walaupun ia benar dan pada rumah di pertengahan surga bagi yang meninggalkan kebohongan walaupun ia bergurau dan di surga di bagian atas bagi siapa yang baik akhlaknya” HR; Abu Daud dan di hasankan Albani. Dari Abdullah bin Umar RA bahwa Rasullah  SAW bersabda; “Yang terbaik diantara kalian adalah yang paling baik akhlaknya” HR; Bukhari.Dari Aisyah RA ia berkata; saya mendengar Rasulullah SAW bersabda; “lelaki dengan kebaikan akhlaknya akan mencapai derjat orang berpuasa dan mendirikan qiyam malam” HR; Abu Daud disahihkan Albani; Dari Abu Darda’ RA bahwa Nabi SAW  bersabda: “Tidak ada sesuatu yang lebih berat di timbangan seorang mukmin daripada akhlak mulia, sesungguhnya Allah membenci orang berbuat keburukan lagi cabul” HR; Atrirmizi dan dihasankan Albani.

Rasulullah berdo’a dengan do’a ini “… beri aku hidayah dengan akhlak mulia tidak ada yang akan memberikannya kecuai Engkau, dan jauhkan dari aku akhlak tercela tidak ada yang menjauhkannya kecuali Engkau” HR; Muslim.

Nabi adalah orang pertama yang berkakhlak dengan akhlak tersebut dan melakukannya, pada posisi ini kita ingat sesuatu tentang kondisi dan arahan Nabi SAW tentang akhlak, Allah SWT berfirman: “Sungguh adalah pada Rasul itu tauladan yang baik bagi yang menginginkan Allah dan hari akhirat dan banyak mengingat Allah” QS; Al-Ahzab. 21.

Diantara akhlak yang tinggi dari Nabi tersebut adalah jujur dalam perkataan dan perbuatan, dan ia yang disifati dengan akhlak agung tersebut, dan para musuhnya juga mempersaksikan itu sebelum sahabatnya, dari dulu ia digelar dengan jujur dan al-amin, bahkan keseluruhan hidupnya jelas dan kejujuran, walaupun bersama musuhnya yang telah menyakitinya dan ingin menawan serta membunuhnya.

Diantara akhlak mulia bagi Nabi SAW adalah pemaaf dan pengampun, Nabi pernah berperang di arah Najd dan di jalan pulang mereka beristirahan waktu zuhur, maka beliau tidur di bawah naungan sebatang pohon dan ia gantungkan pedangnya –para sahabat juga tidur- tetiba Rasul memanggil sahabatnya ternyata beliau bersama seorang arab kemudian Nabi berkata: “orang ini masuk kepadaku dan mengambil pedangku aku terbangun sementara pedang ada di tanganya seraya berkata: siapa yang menghalangimu dariku? Aku berkata Allah tiga kali” maka jatuhlah pedang dari tangannya maka rasul mengambilnya seraya berkata kepadanya : “siapa yang meghalangimu dariku” ia berkata “jadilah orang baik” maka rasul berkata: “bersayhahadatlah bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku utusan Allah?” ia berkata tidak, tetapi akau berjanji untuk tidak memerangimu, dan akau tidak akan bersama orang yang memerangimu, maka rasul membebaskannya . lelaki itu mendatangi sahabatnya dan berakta kepada mereka “aku barusaja datang dari seorang yang terbaik!” HR; Bukhari Muslim dari Jabir.

Lihatlah wahai hamba Allah keberanian Nabi SAW dan kepemaafannya, dan Rasul SAW tidak pernah meninggalkan dakwah Islam pada momen tersebut, dan mempergunakan situasi maka ia katakana kepada lelaki tadi “bersyahadatlah bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku Rasulullah” dan tidak memaksanya untuk masuk Islam, tidak membunuhnya, dan tidak menghukumnya dengan hukuman apapun, agar lelaki itu bisa kembali dan mengajak sahabatnya dan memberikan pelajaran praktis tentang keagungan akhlak Nabi ini SAW.

Dari Anas RA ia berkata: suatu kali aku berjalan bersama Rasulullah dan ia memakkai sorban najrani  -semacam pakaian- tebal pingirannya, dan itu diketahui oleh orang arab ini dan menariknya dengan kencang, dan saya lihat ke pundak Rasul kelihatan ada bekasnya dari ujung jubah tadi disebabkan tarikan itu, kemudian ia berkata: “wahai Muhammad berikan kepada saya dari harta Allah yang ada pada kamu, Rasul SAW melihatnya dan ketawa; kemudian memerintahkan untuk memberikan kepadanya!” HR; Bukhari. Itu adalah rahmah nya Islam dan Nabi Islam.

Dan diantara akhlak Nabi SAW juga adalah tawadu’ dan merendahkan diri  kepada orang yang beriman, mengikuti perintah Allah “Dan rendahkanlah dirimu kepada orang yang mengikutimu dari orang yang beriman” QS: Asyu’ara’. 215. Itu karena tawadu’ menyatukan hati dan memilikiya dengan cinta, Rasul SAW adalah seorang yant tawadu’ , merendahkan diri, lembut, ketika duduk dengan sahabatnya sama seperti mereka, dari aisyah RA ia berkata: adalah Rasulullah SAW mensol sepatunya dan menjahit bajunya, dan bekerja dirumahnya sebagaimana kalian bekerja di rumah kalian” Disahihkan Alabani. Dan ia berkata: “Ia adalah manusia menjahit bajunya memerah kambingnya dan melayani dirinya sendiri” Disahihkan Albani.

Dari Abdullah bin Abi Aufa RA  ia berkata: Rasulullah SAW banyak berzikir kurang bersendagurau, panjang shalatnya, singkat khutbahnya, selalu meringankan kebutuhan orang miskin dan para janda” Albani berkata Isnadnya sahih.

Nafa’aniyallahu bikitabihil karim wa huda sayidil mursalin…

Diterjemahkan Oleh: Muhammad Abrar Ali Amran, Lc. MA.

                                    Penerjemah Kemenag Tanah Datar

Sumber :  https://www.alukah.net/sharia/0/113279/الرسول-قدوتنا-في-الأخلاق-خطبة/

 3,318 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

1 0 2 0 1 2
Users Today : 59
Users Yesterday : 71
Views Today : 86
Views Yesterday : 117
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.235.188.113


 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
September 2023
S M T W T F S
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran