Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Rakor FKPP se-Tanahdatar di PPMTI Koto Tinggi

Batusangkar (Humas-info) :   Ka Kankemenag Tanahdatar H. Amril didampingi Kasi PD Pontren Joni Roza berikan materi dan membuka Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Pondok Pesantren (FKPP) se-Tanahdatar di Ponpes PPMTI Koto Tinggi Rabu sore (25/5).

Tema yang diusung “Keselarasan (Turats) Kitab Kuning, Teknologi Digital dan Kemandirian Ekonomi Pesantren di Kabupaten Tanah Datar.”

Tampak hadir dalam rapat tersebut Kepala KUA X Koto Bisti Samsuri, Kepala MTsN 5 Tanahdatar H. Tarmizi, Perencana Kantor Kemenag Bendrizal dan Pelaksana Analis Layanan Umum Adinofiar.

Kemenag H. Amril dalam arahannya mengatakan kemandirian pesantren yaitu pesantren punya pengelolaan ekonomi sendiri untuk pembiayaan dan perkembangan pesantren kedepan. Kami ingatkan, seluruh bantuan melalui data emis, maka perbaharui & update terus data emis secara berkala sesuai aturan, ujar H. Amril.

Dia meminta jadikan pesantren pusat pengembangan ekonomi masyarakat, one pesantren one produk artinya pesantren punya usaha produk yang bisa dipasarkan.

Kemudian dalam pelaksanaan PPDB pondok pesantren, buatlah ikon unggulan ciri khas yang menjadi nilai jual dan buat program unggulan, agar masyarakat tertarik menitipkan anak mereka belajar di pesantren.

Selanjutnya lakukan penguatan 3 pungsi pesantren, yaitu fungsi pendidikan yang bermutu dan berkualitas, fungsi dakwah mengajak dan menghimbau masyarakat kembali ke ajaran Islam yang benar, dan fungsi pemberdayaan keterampilan dan ekonomi masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan tersebut H. Amril meminta pihak pesantren untuk mengawasi selalu para santri, jangan sampai terjadi indikasi kekerasan fisik, indikasi pelecehan seksual.

Dia berharap agar pipinan pesantren membuat konsep Peraturan Daerah (Perda) tentang legalitas keberadaan pesantren yang akan kita usulkan ke DPR/DPRD, sehingga nantinya ada perhatian penuh dari pemerintah terhadap pesantren, ujar Ka Kankemenag H. Amril. (Adm.@di/Yon).

 2,296 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

1 2 9 1 7 1
Users Today : 29
Users Yesterday : 78
Views Today : 54
Views Yesterday : 199
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.230.143.213


 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
April 2024
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran