Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Piloting Pusaka Sakinah Angkatan I Kabupaten Tanahdatar

Batusangkar (Humas-info) :   Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanahdatar H. Amril didampingi Plt. Kasi Bimas Islam H. Helmi Zuldi membuka secara resmi kegiatan Piloting Pusaka Sakinah Angkatan I Tingkat Kabupaten Tanahdatar di aula Kantor Wali Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan, Kamis (12/10).

Kegiatan Piloting Pusaka Sakinah Angkatan I Tingkat Kabupaten Tanahdatar itu diikuti sebanyak 20 pasang suami isteri dan berlangsung selama satu hari. Sedangkan Narasumber yang menyampaikan materi ialah Safalmart materi Mengelola Dinamika Perkawinan, Candra Wesnedi materi Membangun Visi Keluarga dan Raudhatul Jannah materi Mengelola Keuangan Keluarga.

Hadir dalam pembukaan kegiatan itu Ketua Tim Kepenghuluan dan Keluarga Sakinah Kanwil Kemenag Sumbar Syafalmart, Ka KUA Rambatan Candra Wesnedi, Wali Nagari Balimbing diwakili Seknag Yasripen dan Tutor Raudhatul Jannah Penyuluh Agama Islam Fungsional Kabupaten Tanahdatar serta Penyuluh Agama Islam Kecamatan Rambatan.

Ka Kankemenag H. Amril dalam sambutannya menyampaikan, Piloting atau program percontohan Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah) merupakan wujud nyata kesungguhan Kementrian Agama dalam memastikan pembangunan bangsa melalui keharmonisan keluarga yang ideal.

Kemudian H. Amril menjelaskan, apa saja program unggulan Pusaka Sakinah itu?, program unggulan pusaka tersebut ialah, pertama Belajar Rahasia Nikah (Berkah) yang diberikan kepada usia pranikah/siswa SLTA, calon pengantin dan pasangan suami istri. Kedua Konseling, Mediasi, Pendampingan dan Advokasi (Kompak), dan ketiga Layanan Bersama Ketahanan Keluarga RI (Lestari).

Selanjutnya H. Amril menyampaikan, untuk mencapai pragram pusaka sakinah itu tentu perlu usaha, pertama pernikahan yang didasari hukum Islam dan undang undang yang berlaku, kedua,  punya buku nikah yang sah, dan ketiga, harus paham dan mengerti hak, kewajiban, serta  tanggung jawab masing masing.

Dalam kesempatan itu H. Amril  mengharapkan, agar pasangan suami istri jangan hanya kompak saat honeymoon saja, tetapi hendaknya pasangan tersebut harus mesra sampai akhir hayat hingga tercipta “jannati bainati” rumahku surgaku.

Diakhir sambutannya ia mengingatkan pasangan suami istri Jangan miliki kecurigaan yang berlebihan terhadap pasangan, tapi  berikan kepercayaan sebagaimana harusnya, sehingga menimbulkan rasa senang dan nyaman dalam rumah tangga, ujar H. Amril.

Untuk itu ia meminta agar peserta  dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik baiknya sehingga membawa manfaat bagi kita semua, tambah putra Solok itu menutup sambutannya (Adm.@di/Yon).

 4,672 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

1 2 9 6 4 6
Users Today : 17
Users Yesterday : 84
Views Today : 26
Views Yesterday : 150
Who's Online : 0
Your IP Address : 44.210.99.209


 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
April 2024
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran