Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Peringatan HSN di Lintau Buo Tanahdatar Berlangsung Hikmad

Batusangkar (Humas-info) :   Bupati Tanahdatar Eka Putra bertindak sebagai Inspektur Upacara Bendera dalam Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke 8 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2022  dilaksanakan di komplek Pondok Pesantren Darul Ulum Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanahdatar Sabtu (22/10).

Undangan yang hadir dalam upacara tersebut anggota DPRD Prov. Sumbar Jefri Masrul asal Lintau Buo, Camat Lintau Buo Afrizal, Forkopimca, Pimpinan  Pondok Pesantren Darul Ulum  H. Masrul Yakin, Pimpinan Bank Syariah Nagari  Batusangkar Dewi Purnama,  para Kepala KUA Kecamatan, Kepala  SD, SMP, SMA, Ka Puskesmas dan tim Kec. Lintau Buo,  Penghulu, Penyuluh Agama Islam, Kepala Madrasah, pimpinan Pondok Pesantren se Kabupaten Tanahdatar, Wali Nagari, KAN, Wali Jororng dan tokoh masyarakat Lintau Buo.

Sedangkan peserta upacara diikuti sebanyak 700 orang santriwan- santriwati tingkat MTs dan MA Pondok Pesantren Darul Ulum Tigo Jangko Lintau Buo Kabupaten Tanahdatar.

Bupati Tanahdatar Eka Putra ketika membacakan sambutan tertulis Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022 ini mengangkat Tema: “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Melalui momen Upacara Peringatan HSN tahun 2022 ini mari kita bersama  mendoakan pahlawan terutama dikalangan Ulama, Kiai,  santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan Bangsa dan Agama. Semoga para pahlawan Bangsa ditempatkan disisi Allah SWT.

Santri saat ini mampu menunjukkan segala kemampuannya, bisa menjadi apa saja. Santri sekarang telah merambah ke berbagai bidang profesi, memiliki keahlian bermacam macam, bahkan mereka menjadi pemimpin Negara.

Meski bisa menjadi apa saja , santri tidak melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga Agamanya sendiri. Santri selalu mengedepankan nilai nilai Agama dalam setiap perilakunya. Bagi santri, Agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan.

Sejarah telah membuktikan bahwa santri selalu ada dalam setiap Pase perjalanan Indonesia . Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri selalu siap sedia mendharmabaktikan hidupnya untuk Bangsa dan Negara.

Santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja. Tidak hanya bidang Agama , tetapi juga di bidang lainnya.  Santri tidak  pernah melupakan tugas utamanya yakni menjaga Agama. Karena salah satu tujuan Agama ialah memuliakan manusia.

Santri senantiasa berprinsip menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs adalah esensi ajaran Agama, terutama ditengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk. Karena menjaga  martabat kemanusiaan berarti menjaga Indonesia.

Menag RI menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat dari Sabang sampai Merauke yang hari ini sedang bersuka cita merayakan peringatan Hari Santri 2022. Dia mengajak mari kita kepalkan tangan dan bersama mengucapkan “Hari Santri 2022, berdaya menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Sementara Ka Kankemenag diwakili Kasubbag TU H. Yusmarli mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bupati Eka Putra sebagai Irup Upacara Bendera HSN 2022. Dia juga berharap kepada Bupati untuk menjadi Irup pada Hari Amal Bhakti (HAB) ke 77 tahun 2023 mendatang.

Sementara Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum Masrul Yakin dalam laporannya menyampaikan untuk tahun 2022 ini, untuk perdana, Pondoknya telah menamatkan santri santriwan tingkat MA sebanyak 22 orang. 20 orang diantaranya telah diterima di perguruan tinggi sebagai mahasiswa undangan. Kemudian 2 orang diterima di perguruan tinggi Islam di Mesir melalui tes mandiri.

Tamatan Ponpes tingkat MTs harus hafalannya 2 juz dan tingkat MA 4 juz. Ponpesnya selalu mengirim santrinya untuk mengikuti  lomba dan berprestasi,  baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun tingkat Nasional. Usai upacara Bupati Eka Putra didamping Ka Kankemenag diwakili Kasubbag TU H. Yusmarli dan Pimpinan Ponpes Darul Ulum H. Masrul Yakin menerima sebuah buku Novel berjudul “Takdir Di Sepertiga Malam”, karya Intan Tamara Santri Ponpe Darul Ulum yang diserahkan langsung oleh Intan Tamara. (Adm.@di/Yon).

 3,136 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

1 2 9 6 4 8
Users Today : 19
Users Yesterday : 84
Views Today : 31
Views Yesterday : 150
Who's Online : 0
Your IP Address : 44.210.99.209


 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
April 2024
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran