Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

PENGALAMAN BERHAJI WANITA BAGAIMANA HIDUP MEREKA BERUBAH SETALAH HAJI

Larissa Selei-Beirut

Haji adalah tugas dari Tuhan Yang Maha Esa denganya Muslim menyelesaikan lima rukun Islam, para peziarah mendambakannya setiap tahun untuk melakukan ritualnya dan memenangkan rahmat dan ampunan, dan para peziarah kembali dari Dua Masjid Suci dengan membawa  perasaan terindah..

Al Jazeera Net” bertemu dengan sejumlah Muslimah yang mengenang kembali kenangan haji tahun-tahun sebelumnya, situasi yang tak terlupakan, dan bagaimana kehidupan mereka berubah setelah menunaikan kewajiban itu.

Cuaca keimanan yang indah

Hj. Jumana  (di penghujung duapuluhan umurnya) memutuskan untuk mempelajari hukum Islam, dan mengingat haji dan situasinya yang tidak pernah terlupakan, saat dia berkata, “Semua kehidupan adalah serangkaian situasi, seseorang belajar dan mendapat manfaat darinya, dan dalam hari yang terbatas Saya habiskan berhaji saya belajar banyak.”

Joumana ingat ketika dia melakukan haji untuk pertama kalinya sebagai bagian dari kampanye haji- bertahun-tahun yang lalu – dan dia tidak mengira kesulitan ini, terlepas dari sumber daya yang tersedia, dan tidak mengira akan kehilangan tempat tidurnya yang nyaman dan makanan biasanya. Untuk menjalani hari-hari dalam suasana lain dari biasanya.

Saya sabar menghadapi cuaca panas dan keramaian dengan rida untuk mengharapkan pahala dari Allah. “Yang menghibur saya hanya bahwa saya dan saudara perempuan saya dalam satu grup bekerja sama dan melakukan beberapa pekerjaan bersama dan shalat berjama’ah dalam suasana ke imanan yang indah.,” kata Jumana.

Dia menasihati setiap orang yang ingin menunaikan haji dengan menyedekahkan hak moralnya, dan memaafkan setiap orang yang menyakitinya, dan bersedekah dalam rangka mencari ridha Allah SWT.  Ini menjadi penyebaba perasaan yang luar biasa yang menjadikan seseorang merasakan kebahagiaan abadi, perasaan bahwa Allah menerima amalnya dengan kewajiban meminta maaf sesama manusia, Dan untuk mengembalikan hak dan kezaliman kepada pemiliknya, jika ada.

Terlahir Kembali

Pada Hari Arafah, kelihatanlah nikmat terbesar, yaitu ampunan Allah SWT; Seseorang dapat merasakan betapa nyaman yang dia rasakan ketika dia tahu bahwa Allah membanggakan nya kepada para malaikatnya dan memuliakannya dengan pengampunan dan mengembalikannya seperti ibunya melahirkannya; Maka semua kesulitan akan diringankan.

Dia menggambarkan perasaannya, “Saya merasa bahwa saya dilahirkan kembali, dan bahwa semua dosa saya dihapuskan, dan saya merasa bahwa saya berada di sebuah bukit di surga, dan saya sedang menunggu untuk melihat Nabi, saya membayangkan bahwa para sahabat akan melakukan haji dengan saya, dan bahwa saya mungkin melihat beberapa dari mereka di sebelah saya, saya merasakan apa yang Nabi lakukan saat melakukan ritual haji.

Setelah haji, Jumana memutuskan untuk menyelesaikan studinya di bidang Hukum Islam, dan dia mengenakan niqab, dan menegaskan, “Saya sekarang sangat puas dengan apa yang telah diberikan Tuhan kepada saya petunjuk, dan saya hidup dalam kebahagiaan psikis yang mendalam dan kenyamanan penuh.” Dia sekarang menjadi profesor di Institut Ilmiah untuk mempersiapkan kader pengajar Al-Qur’an dan ilmu-ilmunya.

Haji mengubah hidupku

Hj. Hind Salam mengembalikan ingatannya ke musim haji pertamanya, di mana dia mengalami momen ajaib dan unik, “yang hanya terulang di tempat suci ini”.

Dia percaya bahwa berbicara tentang Makkah Al-Mukarramah tidak cukup baginya untuk menggambar semua huruf dan garis untuk menggambarkan keindahannya, dan itu tidak akan mencerminkan keajaiban sejati dan kepentingannya; Menjadi tempat lahir hambanya yang termulia, Nabi Muhammad, SAW, dan menjadi tempat khusus di hatinya, dia menggambarkan saat dia memasuki Masjidil Haram sebagai pengalaman spiritual magis.

Pertama kali menunaikan ibadah haji, dia dirasuki rasa kagum, bahkan jika melihat Ka’bah, dia menangis, dan dia banyak berdoa dan meminta pengampunan yang lama kepada Tuhan. perasaan yang tak terlukiskan, di mana denyut kegembiraan bercampur dengan keagungan tempat itu.”

Dan mengunjungi Rumah Allah selalu terapung dalam ingatan kehidupannya, sehingga dia ingin mengunjunginya lagi dan lagi, dan dia berkata, “Alhamdulillah, saya mengunjunginya untuk kedua kalinya, dan saya sedang mempersiapkan diri untuk itu. haji untuk ketiga kalinya. Sebagai seorang wanita, saya tidak menghadapi pelecehan atau situasi yang memalukan, tetapi saya merasa diperlakukan dengan baik, hormat dan takwa.”

Haji telah banyak merubah hidup dan jiwanya. Dia menjadi lebih tenang, lebih percaya diri dan nyaman, dan dia telah melupakan semua kesedihan dan kekhawatirannya. Hal terbaik bagi yang sedang haji adalah ketenangan psikologis dan keseimbangan suasana hati yang mengendalikannya. dalam perjalanan haji, seseorang menghilangkan semua kekhawatirannya, meskipun sementara. Seperti yang dikatakan Hj. Hindun.

Kedamaian, Kemurnian dan Kesucian Hati

Hj. Lina Yafouri, seorang arsitek dan dosen di sebuah universitas, percaya bahwa haji adalah perjalanan iman, dengan segala kesulitan dan kesusahannya, dan itu adalah solusi untuk memberikan kenyamanan psikologis. Apabila ibadah ini dilakukan dengan benar akan menghilangan energi negatif dan mengembalikan energi positif.

Dan dia menambahkan, “Ketika saya mencapai Baitullah, saya tidak percaya, saya tidak dan tidak akan pernah melupakan momentum melihat Ka’bah untuk pertama kalinya dalam hidup saya, saya dirasuki oleh kekaguman dan keagungan.” Ia manambahkan bahwa Masjid Nabawi yang di dalamnya ada Kuburan Rasulullah mempunyai peran penting dalam hati sehingga mendorong tangis, dan perasaan damai, bening dan sucinya hati.

Perjalanan Seumur Hidup Akan Saya Ulangi

Dia menjelaskan bahwa itu adalah pengalaman yang sempurna dengan standar apapun, ini adalah perjalanan suci yang membuat segalanya menjadi mudah, dan percaya bahwa biaya tinggi yang harus dibayar haji untuk melakukan ritual sebagai imbalan untuk perjalanan terorganisir tidak berlebihan, karena mencegah pelecehan. Bagi wanita di keramaian, dan dalam hal kesehatan dan fisik .

Yafouri mengatakan, “Perjalanan seumur hidup yang akan saya ulangi, insya Allah tahun depan bukan hanya perjalanan spiritual, tetapi memiliki dimensi berbeda yang tercermin dalam karakter dan perilaku, dan memiliki beberapa manfaat. Misalnya, saya berhenti merokok setelah menunaikan haji, dan akhlakku menjadi lebih baik.”

Di antara kondisi iman yang Anda ingat adalah bahwa haji- yang berada dalam jutaan – dari berbagai warna kulit, ras dan dialek negara mereka bersatu dalam seruan Talbiyah dan mereka semua bersatu dengan satu suara, “Labbaik Allahumma Labbaik” . dan ketika membaca Al-Quran mereka disatukan oleh bahasa Arab Fushah.

Haji adalah Kesulitan yang Menyenangkan

Soraya Arafat, Guru Besar Fiqih dan Pengajar Al-Qur’an, menegaskan bahwa perjalanan haji adalah salah satu perjalanan terindah yang dilakukan seseorang, karena membawa dua kebahagiaan, termasuk kebahagiaan pahala di Hari Kiamat.

Dia ingat pandangan pertama di Ka’bah dan bagaimana perasaan yang tak terlukiskan menguasai dirinya. Ketika dia melihat Rukun Yamani dan Hajar Aswad, dia tercengang oleh pemandangan menyentuh para Haji, yang sama dalam hal pakaian, doa dan ritual antara si kaya dan si miskin.

Hajar Aswad juga mengingatkannya pada sabda Nabi saw ketika ditanya: “Apakah wanita harus berjihad? Ia berkata: “Ya, itu adalah jihad tanpa perang yaituHhaji dan Umrah.”

Haji adalah kesulitan yang menyenangkan. Perjalanannya bukan untuk hiburan, tetapi untuk pelaksanaan ritual dan ibadah, dan itu termasuk penderitaan dan pertapaan yang menawan jiwa, dan pahal sama dengan kadar kesulitan.

Diterjemahkan oleh: Muhammad Abrar Ali Amran, Lc.MA. Penerjemah  Kemenag Tanah Datar

Sumber: https://www.aljazeera.net/news/women/2019/8/5/نساء-يروين-تجاربهن-كيف-تغيرت-حياتهن

 4,202 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 5 9 2 8 2
Users Today : 27
Users Yesterday : 36
Views Today : 86
Views Yesterday : 136
Who's Online : 0
Your IP Address : 18.208.186.139

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
Mei 2022
S M T W T F S
24 25 26 27 28 29 30
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran