Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Pendidikan Ponpes, Satu Indikator Wujudkan Tanahdatar Madani

Batusangkar (Humas-info) :   Bupati Tanahdatar diwakili Asisten I Elizar, didampingi Ka Kankemenag Tanahdatar H. Amril membuka secara resmi Pertemuan Forum Komunikasi Pimpinan Pondok Pesantren (FKPP) se Kabupaten Tanahdatar di Pondok Pesantren Istiqomah Simawang Kecamatan Rambatan Rabu (30/8).

Hadir dalam acara tersebut Kasi PD Pontren Joni Roza,  Pemuka Agama, Tokoh masyarakat, Wali Nagari, Wali Jorong se Nagari Simawang, Pimpinan Pondok Pesantren se Tanahdatar dan para Ustadz-Ustadzah PPTI Simawang Kecamatan Rambatan.

Bupati diwakili Elizar dalam arahannya mengucapkan terimakasih kepada Ka Kemenag TD telah diundang dalam pertemuan FKPP Tanahdatar di Ponpes Terpadu Istiqomah Simawang tersebut.

Kami dari pihak pemda paham bahwa pertemuan FKPP merupakan wadah menyatukan pendapat dalam mengelola pondok pesantren.

Pemda sangat mempunyai perhatian khusus kepada ponpes,  karena kita sangat mendukung program keagamaan di Tanahdatar yang berlandaskan ABS-SBK dan sejalan dengan usaha menciptakan Tanahdatar Madani, ujar Elizar menegaskan.

Dalam kesempatan tersebut dia berharap, agar melalui pertemuan FKPP itu dapat bersinergi dengan semua pihak untuk mencegah paham radikal yang akan memecah persatuan umat.

Sementara Ka Kankemenag H. Amril dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada FKPP atas terselenggaranya kegiatan pertemuan satu kali dua bulan itu dalam rangka menyatukan visi ponpes yang ada di Tanahdatar.

Dia menjelaskan, pendidikan di ponpes tidak terlepas dari pendidikan nasional, maka sumber dana pendidikan di Ponpes sesuai undang undang dapat bersumber dari masyarakat, APBN ataupun APBD. Karena itu H. Amril berharap kepada operator SIMBA Ponpes, rajin rajin meng-update seluruh isian SIMBA itu agar bantuan dapat dialirkan sebagaimana aturan yang ada.

Selanjutnya dia menjelaskan salah satu indikator terciptanya  Tanahdatar Madani ialah didukung dari pendidikan Ponpes ini, yaitu mencerdaskan anak bangsa yang agamis dan berakhlak mulia.

Lebih lanjut Ka kankemenag H. Amril mengatakan, salah satu upaya untuk memajukan Ponpes, ialah pengelolaan Ponpes dengan menggali dan mengembangkan potensi /keterampilan, bakat dan minat anak didik, maka hendaklah ada Balai Latihan Kompetensi (BLK) di Ponpes.

Ketua FKPP Tanahdatar Yonnedi melaporkan, pertemuan FKPP tersebut dilaksanakan secara rutin setiap satu kali dua bulan. Jumlah Ponpes se Tanahdatar ada sebanyak 19 buah.

Ikut memberikan sambutan Alumni Ponpes Terpadu Istiqomah Simawang tersebut Abu Bakar,Lc Anggota DPRD Tanahdatar dan Wali Nagari Simawang Firman (Adm.@di/Yon).

 5,514 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

1 2 4 2 0 5
Users Today : 140
Users Yesterday : 73
Views Today : 241
Views Yesterday : 168
Who's Online : 2
Your IP Address : 44.220.62.183


 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
Maret 2024
S M T W T F S
25 26 27 28 29 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran