Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

PEKERJAAN ADALAH TANGGUNGJAWAB

DR. Ayat Elhaddad



Diterjemahkan oleh: Muhammad Abrar Ali Amran, Lc. MA.
Penerjemah Kemenag Tanah Datar

Ada bermacam-macam Pekerjaan dan tanggung jawab, dari hakim Negara sampai pekerjaan terkecil, tanggung jawab bukan hanya dipakai untuk pekerja tinggi saja akan tetapi setiap pribadi bertanggung jawab terhadap pekejaannya meskipun mereka mengira sebaliknya, namun memang ada tanggungjawab yang melebihi tangungjawab yang lain, tanggung jawab hakim negara menjadi yang tertinggi, dan ada tanggung jawab yang lebih rendah dari yang lainnya, kalau setiap kita memahami itu niscaya akan melaksanakan tanggung jawabnya dengan sebaiknya, dan itulah amanah yang diungkapkan Allah dalam Alquran “Sesungguhnya kami tawarkan amanah kepada langit, bumi dan gunung, mereka enggan untuk mengembannya, dan mereka khawatir tidak melaksanakannyta maka diembanlah oleh manusia sesungguhnya ia zalim lagi bodoh” QS Al-Ahzab: 72

Setiap kita mengemban amanah yang telah terletak di pundak, dan setiap kita khawatir dalam mengembannya  dan ia tidak tahu bagaimana akhir dari tanggunjawab tersebut, dan ia iri melihat orang yang mengembannya dan di bimbing Allah dan Rasulnya, para sahabat RA mengetahui hal itu dengan baik, oleh sebab itu mereka menolak setiap jabatan yang ditawarkan kepada mereka yang berhubungan dengan kemaslahatan manusia, ruh dan harta mereka, seperti jabatan Qadhi, duhai seandainya setiap orang mengetahui bahwa apa yang diemban seseorang  dari jabatan, pada hakikatnya adalah beban yang diletakkan di pundaknya, maka hendaknya ia mempergunakannya untuk menolong orang yang terzalimi dan memberikan hak yang lemah dan tiada takut kecuali kepada Allah. Dan setiap masyarakat hendaknya menyadari bahwa mereka mempunyai segudang kewajiban di samping tanggung jawab dan perannya di masyarakat sebenarnya tergantung kepada memberikan hak orang lain.

Sebahagian mengira bahwa pekerjaan diukur dengan tinggi rendahnya, atau ada jabatan tinggi dan ada jawaban rendah! Dan tidak menyadari bahwa pekerjaan akhirnya merupakan perintah dan tanggung jawab yang diletakkan di pundak pembawanya bukan merupakan pekerjaan yang memuliakan  pemegangnya. Jadi pekerjaan diukur degan kadar manfaatnya terhadap orang lain, setiap orang harus memahami hakikat tersebut dan menyadari pelajaran itu! Allah ciptakan kita untuk memakmurkan bumi dan menciptakan kita bertingkat-tingkat, dan pekerjaan diukur dengan sejauh mana ia mempunyai dampak positif terhadap orang lain sebelum dirinya sendiri, dan tidak ada jabatan tinggi dan jabatan rendah, bisa jadi jabatan rendah menurut seseorang ia tinggi disisi Allah. Ada sebuah kata-kata hikmah mengatakan “Ketika direktur tidak hadir dalam sebulan, semua orang tidak merasa ketidakhadirannya, namun, ketika tukang sapu tidak hadir dua hari saja mereka merasa kehilangan” jelas bahwa nilai seseorang dari apa yang ia persembahkan untuk orang lain, bukan tinggi rendahnya jabatan, tidak jauh-jauh, adalah Nabi Muhammad SAW. Seorang pengembala domba dan pada waktu muda sebagai pedagang, sementara Ia adalah makhluk Allah paling mulia di muka bumi, yang telah mengajarkan banyak ilmu dan akhlak bahkan ia adalah Nur Allah di bumi ini, adalah Nabi Nuh AS. Seorang tukang kayu yang membuat kapal Nabi Nuh yang akhirnya dipergunakan oleh umat manusia, demikian juga deangan Abu Bakar Siddik yang bekerja sebagai pedagang sebelum menjadi khalifah, adalah Zubair bin Awwam seorang penjahit, Salman Alfarisi seorang tukang cukur. Allah SWT tentunya mempersiapkan hikmah kenapa manusia bertingkat tingkat dengan tujuan menguji mereka siapa yang taat kepada Allah dan Rasulnya di pekerjaannya, dan siapa yang mengemban amanah sebagaimana mestinya, siapa yang mempergunakan jabatannya untuk menolong para duafa’ dan memberikan hak-hak mereka, dan siapa yang mempergunakannya untuk keburukan, keduanya sama, yang membedakan hanya ketaqwaan dan amal shaleh, Allah berikan kelebihan bukan untuk pribadi tapi untuk manfaat orang lain. Allah jadikan  kita bertingkat-tingkat dan memberikan keahlian sudah pasti untuk suatu hikmah bukan sia-sia, dan ketika manusia tidak mempergunakannya untuk kemaslahatan umum Allah akah mencabutnya. Nikmat yang dipergunakan untuk keburukan orang lain akan diubah menjadi niqmah, tidak ada yang membedakan satu amal dengan lainnya kecuali takwa, ketawaan kepada Allah akan menjaga hati.

Jangan sekali-kali menghinakan pekerjaan dan posisi anda apapun itu, pekerjaan dilihat dari kadar pengaruh positifnya terhadap umat, anda tidak tahu mungkin anda kira pekerjaan anda rendah tapi disisi Allah, anda tidak tahu bisa jadi yang anda lihat rendah namun ia mengangkat marwah kemanusiaan, jangan remehkan pekerjaanmu, selama itu meringankan beban orang lain, jangan kecilkan urusannya walaupun itu hanya membuat kebahagiaan kedalam hati orang lain. Apa yang kau lihat tak bermanfaat bisa jadi ia penyelamatmu suatu hari nanti, dan menjadi penyelamat orang lain juga. Sebatang papan tidak akan berarti apa-apa namun bisa menyelamatkan seseorang yang hampir tenggelam di lautan!

https://gate.ahram.org.eg/News/2946203.aspx

 2,033 total views,  2 views today

Berita Terkini
Pencarian
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 5 0 9 9 8
Users Today : 20
Users Yesterday : 44
Views Today : 43
Views Yesterday : 100
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.235.175.15

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Daftar Website
Daftar Website di Lingkungan Kemenag Tanah Datar
Agenda Kegiatan
September 2021
S M T W T F S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 1 2
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran