Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

PDWK Manajemen Kemasjidan Bagi BKM Kabupaten Tanahdatar

Batusangkar (Humas-info) :  Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanahdatar H. Amril membuka secara resmi Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) Manajemen Kemasjidan bagi Pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kabupaten Tanahdatar di aula Ikhlas Beramal Kantor Kemenag setempat Senin (20/11).

Hadir dalam pembukaan PDWK tersebut Kepala Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang diwakili Novrizal, Kasubbag TU H. Yusmarli dan Kasi Bimas H. Muhammad Algafari.

Ka Kankemenag H. Amril dalam sambutannya meminta kepada peserta PDWK untuk mengikuti kegiatan dengan baik agar ilmu yang ditransfer narasumber nanti dapat diterima, dipahami dan diterapkan di wilayah kerja masing-masing.

Kemudian upaya yang harus dilakukan untuk revitalisasi Badan BKM itu, pertama, Membentuk dan mengokohkan pengurus BKM dari pusat sampai ke kecamatan dan nagari. kedua, Memperkuat regulasi pengelolaan BKM dan ketiga, Mensinergikan pengembangan kegiatan BKM artinya semua kegiatan BKM harus linier dari kecamatan/nagari sampai ke pusat.

Selanjutnya dia menyampaikan sebagai tindak-lanjut dari rakernas BKM yang dilaksanakan di Jakarta beberapa waktu lalu adalah melakukan raker tingkat daerah untuk mengokohkan program BKM itu sendiri  demi mensejahterakan jama’ah masjid.

Dalam kesempatan tersebut H. Amril berharap agar hasil kegiatan PDWK itu, masing masing kecamatan mampu memiliki masjid percontohan (masjid paripurna) untuk mengayomi sosial kemasyarakatan masjid, memakmurkan masjid dan menjaga kerukunan umat beragama.

H. Amril juga menjelaskan, menoleh ke zaman Rasulullah SAW, masjid dijadikan sebagai tempat ibadah, tempat menyampaikan pesan Agama dan tempat kegiatan sosial &  ekonomi. Jadi sudah jelas sejak dulunya masjid itu untuk mensejahterakan masyarakat.

Diakhir sambutannya H. Amril menekankan agar dari hasil PDWK tersebut peserta mengerti tentang manajemen keuangan masjid, administrasi keuangan dan pemberdayaan SDM masjid, sistem kerja dan informasi kemasjidan serta pemberdayaan zakat, infak, sedekah, wakaf (ZISWAF) dan pemberdayaan ekonomi umat.

Sementara Ketua Panitia PDWK Novrizal dalam laporannya menyampaikan, kegiatan diikuti 20 orang peserta terdiri pengurus BKM kabupaten dan kecamatan yang juga ASN di wilayah kerja Kemenag Tanahdatar.

Kegiatan PDWK itu berlangsung dari 20-25 November di aula Amal Bakti Kemenag Tanahdatar. Narasumber berasal dari Kanwil Kemenag Sumbar, BDK Padang dan Kankemenag Tanahdatar dan kegiatan dibiayai dari DIPA BDK Padang tahun anggaran 2023. (Adm.@di/Yon).

 6,569 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

1 2 9 1 7 5
Users Today : 33
Users Yesterday : 78
Views Today : 61
Views Yesterday : 199
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.230.143.213


 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
April 2024
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran