Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

MENUNTUT ILMU ADALAH “JIHAD”

MEMPELAJARINYA ADALAH IBADAH

Khutbah Syeikh Muhammad Al-Mahmud

Ilmu dan belajar adalah spesifikasi utama agama Islam, Sesungguhnya menuntut ilmu adalah ibadah yang mendekatkan insan kepada Allah SWT, dan para ulama mempunyai spesifikasi di sisi Allah pada hari kiamat dari yang lain, di dunia diutamakan Allah dan di akhirat demikian juga diutamakan dari semua yang memberi persaksian.

Sesungguhnya ilmu dan belajar keduanya adalah sisi keistemewaan Agama ini, Agama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, pada hari pertama dan ayat pertama yang diturunkan memotivasi untuk urusan besar ini, Allah turunkan ayat pertama kepada Nabi Muhammad SAW di gua Hira ketika Beliau bersemedi dan beribadah di sana “Bacalah dengan nama Tuhanmu yang telah mencipatakan, yang telah mencipatakan manusia dari segumpal darah, bacalah dan Tuhanmulah Yang Maha Mulia yang telah mengajarkan manusia dengan kalam”. Inilah yang pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, dan ini adalah isyarat besar dan jelas menunjukkan bahwa Agama ini berdiri di atas “ilmu”, bukan hawa nafsu, prasangka dan karangan belaka, akan tetapi Agama ini berdiri di atas hujah dan dalil seta bukti, sebab tidak akan diterima pendapat seseorang (ahad) tanpa dalil, hujah dan bukit, maka dibedakanlah agama Islam dari lainnya dengan dalil, hujah dan bukti beserta ilmu. Perintah Allah pertama kepada NabiNya SAW pada hari pertama adalah meninggikan ilmu dan ulama, menyediakan posisi tinggi bagi ulama dari yang lain, ilmu dalam agama Islam mempunyai kedudukan khusus, tempat khusus dan banyak ayat Al-Quran dan sunnah Nabi SAW  mengajak untuk menuntut ilmu, dan tunjukkan mengagungkan ilmu dan mengunkapkan pentingnya ia dalam kehidupan manusia, Allah SWT berfirman “Katakanlah apakah sama orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mentgetahui” selamanya keduanya tidak sama, tanya dirimu apakah sama orang yang berilmu dengan orang bodoh yang yang tidak mengetahui? Tidak sama, baik menurut akal, menurut mantik dan menurut realita kehidupan manusia.

Sesungguhnya ilmu itu menuntutnya adalah jihad dan mempelajarinya adalah ibadah dan pendekatan diri kepada Allah SWT, ia adalah yang terbaik yang binasa dari usia ini, hendaknya manusia menuntut ilmu dan maju denganya, karena keutamaan seorang manusia posisi dan tempatnya berdasarkan ilmu yang di capainya. Ulama adalah orang yang terpilih bukan yang lain, ia adalah makhluk Allah paling mulia setelah para Nabi, orang yang mengetahui lebih utama dari orang yang beribadah seperti hadis Nabi “seperti utamanya aku dari orang yang paling bawah di antara kalian”. Sebaik-baiknya manusia adalah ahlul ilmu, para ulama dimudahkan untuk mereka jalan ke surga, Rasulullah SAW bersabda “siapa yang menempuh jalan yang didalamnya ada ilmu niscaya Allah akan mudahkan baginya jalan ke surga”  saking tingginya tempat itu di sisi Allah, karena orang yang berilmu adalah orang yang dicintai, orang yang mempunyai keutaamaan dari yang lain, orang yang mempunyai kedudukan, Allah tundukkan semua yang ada di alam ini untuknya, sampai-sampai malaikat menundukkan sayapnya bagi penuntut ilmu karena ridonya terhadap apa yang ia lakukan, karena ia melakukan hal yang Allah sukai. Keutamaan belajar baik belajar ataupun mengajar, hendaknya seseorang belajar di bangku sekolah atau mengajar orang lain, mereka mempunyai keutamaan di sisi Allah SWT, Ummu ‘Atha’ berkata kepada anaknya; “Wahai anakku, jika engkau menginginkan dunia  harus dengan ilmu jika engkau menginginkan akhirat harus dengan ilmu dan jika engkau mengharapkan keduanya maka harus dengan ilmu” . tidak ada yang mengatasi ilmu berapapun harta dan jabatan yang dimilikinya. Ulama mempunyai kelebihan dari yang lain di hari kiamat, di dunia diutamakan Allah dan hari kiamat di utamakan Allah dari saksi-saksi yang lain.

Pedulilah, pedulilah terhadap ilmu, ilmu terbesar yang akan mendekatkan engkau kepada Allah adalah mengenal Allah SWT, memenuhi hatimu dengan takut kepadaNya, “sesungguhnya yang takut kepada Allah dari hambanya adalah pada ulama”, tidak ada gunanya ilmu yang tidak mendekatkan diri kepada Allah, tidak ada faedah ilmu yang tidak menempatkanmu di barisan orang yang bertakwa, tidak ada faedah bagi orang itu membawa ilmu itu pada hari kiamat. Ilmu hakiki adalah yang mendekatkanmu kepada Allah SWT. Kita mohon kepada Allah memberi rezki kita dengan ilmu yang bermanfaat, dan menempatkan kita di barisan hambanya para ulama.

Sebagaimana ilmu itu mempunyai keutamaan, dan sebagaimana beramal dengan ilmu itu mempunyai keutamaan dari amal lain, maka menyampaikan ilmu adalah pendekatan diri paling mulia kepada Allah SWT, agar manusia menyampaikan apa yang ia ketahui kepada yang tidak mengetahui, itu adalah pekerjaan para Nabi,  Rasulullah SAW bersabda: “Perumpamaan apa yang Allah utus aku seperti hujan yang menimpa bumi”, itulah ilmu yang di bawa Nabi SAW, perumpamaannya seperti hujan apabila menimpa tanah yang tandus akan dihidupkan dengannya, demikianlah seharusnya ilmu dan ulama, ulama yang beramal dan mengajarkan orang lain akan beristigfar untuk mereka semesta ini, Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya orang yang mengetahui, sungguh bersitigfar untuknya apa yang ada di langit dan bumi, sampai kepada semut dalam sarangnya sampai kepada hiu di dasar lautan”, Makhluk-makhluk ini beristigfar dan bedo’a, berzikir kepada Allah dan memuji untuk pada ulama yang beramal yang menyampaikan syari’at Allah SWT, orang yang mengetahui satu ayat kemudian menyampaikannya kepada yang tidak mengetahui atau seperti hadis yang mengatakan “sampaikanlah dariku walaupun satu ayat”

Diterjemahkan oleh: Muhammad Abrar Ali Amran

Penerjemah Kemenag Tanah DatarSumber :https://www.raya.com/2021/09/04/طلب-العلم-جهاد-ودراسته-عبادة

 2,723 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 6 4 8 2 3
Users Today : 8
Users Yesterday : 47
Views Today : 13
Views Yesterday : 111
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.236.52.68

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
Oktober 2022
S M T W T F S
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran