Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Mabrur sebelum menunaikan ibadah haji

Menunaikan ibadah haji merupakan dambaan seorang muslim disamping sebagai rukun Islam ke lima juga penyempurna ibadah. bukti kecintaan kepada Allah dengan mendatangi rumahnya Baitullah Ka’bah di Makah al mukarramah. prosesi haji sudah diawali sejak penyetoran ongkos naik haji ( ONH ) jauh dari sebelum keberangkatannya ke Tanah Suci. Sebagai contoh untuk menunaikan ibadah haji tahun 2020 M calon Jamaah sudah menyetorkan ONHnya semenjak tahun 2010 M yang lalu dan jika penyetoran ONH dilaksanakan hari ini mungkin akan mendapatkan porsi tahun 2045 M mendatang.
Sebelum keberangkatan ke Mekah pemerintah melalui Kementerian Agama mempersiapkan Jamaah dengan matang dengan cara menerapkan manasik haji sepanjang tahun mulai 2020 hingga saat ini. Menasik sepanjang tahun dilaksanakan di KUA Kecamatan atau mandiri melalui Kelompok bimbingan haji. Kesempatan menunaikan Ibadah Haji disamping ditentukan oleh isti’anah berupa ongkos naik haji, kesehatan dan kendaraan yang aman pergi dan pulang serta biaya bagi keluarga yang ditinggalkan maka takdir Ilahi diatas dari segalanya. Inilah yang dialami oleh calon jamaah haji tahun 2020 dan tahun 2021 . disebabkan pandemi virus corona yang disingkat covid 19 Calon jamaah haji ditunda keberangkatannya selama dua tahun berturut-turut berdasarkan Keputusan menteri agama no 494 tahun 2020 dan Keputusan Menteri Agama nomor 660 tahun 2021.
bila disebut kecewa semua akan merasakan kecewa , tidak saja calon jamaah haji yang akan berangkat yang sudah manasik 2 tahun lamanya namun juga akan memperpanjang daftar tunggu witing list bagi jamaah yang lain apalagi kementerian agama sebagai pelaksana Ibadah haji. itu semua harus kita kembalikan kepada takdir Allah covid 19 hanya sebab namun pemerintah ingin memberikan keselamatan bagi calon jamaah agar tidak menjadi korban virus corona.
kepada calon jamaah diharapkan mampu menjadi mabrur sebelum berangkat. umumnya mabrur itu pembuktian haji setelah pulang dari makah namun penulis mengajak mabrur sebelum berangkat ke mekah . lalu bagaimana caranya ; dua tahun sudah calon jamaah melaksanakan manasik haji mulai dari persiapan keberangkatan, pola pelaksanaan haji dan umrah mandiri serta pelaksanaan ibadah lain secara pribadi dan kelompok. Maka mabrur sebelum berangkat dengan menjadikan calon haji sebagai uswatun hasanah di tengah masyarakat melalui ibadah vertikal dan horizontal. Jadilah calon haji sebagai pengajak untuk mendirikan shalat berjamaah, meramaikan masjid , memotivasi gerakan tahfizh qur’an, penggerak kegiatan sosial, menyantuni fakir miskin serta banyak lagi tuntutan ibadah. sehingga walaupun belum bergelar haji dan hajjah kita sudah mampu memabrurkan diri kita di tengah masyarakat.
jika tahun depan kita berangkat berangkat menunaikan ibadah haji maka seluruh ibadah sudah menjadi kebiasaan harian kita sehingga kita mampu menunaikan ibadah haji secara mandiri. Jalanlah berburuk sangka dan terpengaruh kepada informasi hoax namun yakinlah dengan keputusan terbaik dari Allah , aamiin (alinardius/Kasi Bimas Islam)

 1,099 total views,  136 views today

Berita Terkini
Pencarian
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 4 6 9 5 5
Users Today : 9
Users Yesterday : 17
Views Today : 18
Views Yesterday : 55
Who's Online : 0
Your IP Address : 34.239.157.140

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Daftar Website
Daftar Website di Lingkungan Kemenag Tanah Datar
Agenda Kegiatan
Juni 2021
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran