Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Follow Us on Twitter
Panel Login

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

LPQ Miftahussa’adah Dinilai, Tanah Siap Lahirkan Hafiz

Batusangkar (Inmas)–Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tamizi hadir di Surau Wakaf Jorong Balai Labuah Ateh Nagari Lima Kaum Tanah Datar dalam Penilaian Lembaga Pendidikan Al-Quran (LPQ) Miftahussa’adah sebagai LPQ Berpretasi tingkat Sumbar, Sabtu (5/3).

Sebelum dilaksanakan Penilaian terhadap LPQ tersebut, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Ketua DPRD Anton Yondra, Kepala Kemenag Syamsul Arifin, Ketua LDS H. Maswardi, Ketua LPQ H. Syapri, Camat Lima Kaum Afrizal bersama Kepala OPD Tanah Datar, Kepala KUA Kecamatan dan Penyuluh Agama Islam Se Tanah Datar melaksanakan Shalat Subuh Berjamaah di Surau Wakaf Tersebut.

Selama berlangsungnya penilaian LPQ Berpretasi Tingkat Sumbar itu bertindak selaku Tim Penilai dipimpin DR. H. Mukhlis Bahar sebagai Ketua Tim dengan anggota H. Yulius Said Ketua DMI Sumbar, Yurnida dari Kantor Gubernur, Yanti dan H. Yusran Lubis dari Kanwil Kemenag prov. Sumbar.

Bupati Tanah Irdinansyah Tarmizi dalam arahannya mengatakan pelaksanaan kegiatan didikan subuh di daerahnya telah berlangsung semenjak puluhan tahun yang lalu dan berjalan dengan baik.
Mudah-mudahan santiriwan dan santriwati pada LPQ yang ada di Tanah Datar mampu menjadi pemimpin yang baik pula di daerah Tanah Datar. Ia mencontohkan bawa banyak pejabat Tanah Datar jyang dulunya juga santri didikan subuh diantaranya Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra.

Dengan pelaksanaan Program Penilaian LPQ Berprestasi Tingkat Sumbar itu, selaku pemimpin daerah Tanah Datar ia mendukung sepenuhnya Penyelenggaraan Didikan Subuh tersebut, sehingga nantinya para santri itu mampu menjadi pemimpin yang berkualitas dengan beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Sehingga Tanah Datar betul-betul mampu menjadi Daerah Kabupaten Tahfiz. Untuk itu ia berharap juga adanya dukungan penuh dari orang tua santri masing-masing.

Sementara itu Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra dalam arahannya mengatakan di Kab. Tanah Datar ada sekitar 889 buah TPQ dan 2. 260 guru TPQ yang tersebar di Nagari dan Kecamatan se Kab. Tanah Datar .
dari jumlah lembaga TPQ dan Guru tersebut ia ingin menjadi Kab. Tanah Datar menjadi Tahfiz seperti yang telah diprogramkan Bupati tahun lalu.

Untuk Tahun 2018 nanti Guru TPQ sudah disertifikasi sehingga kesejahteraannya sudah memadai untuk kebutuhan keluarganya. Kemudian bagi Santri LPQ yang mampu menjadi yang terbaik di tingkat Sumbar Ketua DPRD Anton Yondra berjanji memberikan reward berupa satu set alat Drum Band beserta kostumnya.

Selanjutnya Kakan Kemenag Kab. Tanah Datar Syamsul Arifin dalam sambutannya mengatakan dalam rangka penguatan pemerinth yang madani salah satunya menggiatkan kegiatan didikan subuh di masjid dan surau.

Karena tokoh-tokoh bangsa Indonesia dulu besiknya banyak berasal dari para santri lembaga didikan subuh. Untuk Ka Kankemenag meminta para orang tua santri mampu membimbing anaknya mendalami ilmu Agama sekaligus dapat terhindar dari kebimbangan. (Yon/Novi)


Jadwal Shalat untuk Wilayah Batusangkar dan Sekitarnya

.



Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook


 


Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Kalender
Oktober 2020
S M T W T F S
27 28 29 30 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran
Statistik Kunjungan
  • 29060Total Pengunjung:
  • 4Hari ini:
  • 26Kemarin:
  • 0Online: