Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Kemenag Tanahdatar, Sosialisasi Kampung Moderasi Beragama

Batusangkar (Humas-info) :   Plh. Ka Kankemenag Tanahdatar H. Yusmarli membuka secara resmi Sosialisasi Kampung Moderasi Beragama Binaan Penyuluh Agama Islam Kemenag Tanahdatar tahun 2023 berlangsung selama satu hari di aula Kantor Wali Nagari Simawang Kecamatan Rambatan Kamis (13/7).

Turut hadir dalam pembukaan sosialisasi tersebut Ka KUA Kecamatan Rambatan Candra Wesnedi,  Danramil, dan Ketua Pokjaluh Tanahdatar Dodi Hendra.

Plh. Ka Kankemenag H. Yusmarli dalam sambutannya menyampaikan, Moderasi beragama ialah cara pandang, sikap dan prilaku beragama yang dianut dan dipraktikkan sebagian besar penduduk negeri ini dari dulu hingga sekarang.

Dia menjelaskan, moderasi beragama itu sangat membantu pemerintah dalam menciptakan masyarakat yang damai taat beragama menuju kabupaten Madani. Sebenarnya Kabupaten Tanahdatar sudah melakukan  moderasi beragama itu, karena selama ini tidak pernah terjadi kegaduhan yang mempertentangkan paham agama termasuk dengan adat, karena orang Minangkabau adatnya berdasarkan ABS-SBK, jelasnya H. Yusmarli .

Secara umum kita ketahui bahwa Pemerintahpun menjadikan moderasi beragama sebagai salah satu program nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Dalam kesempatan itu dia  berharap kepada yang hadir dalam forum tersebut untuk dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang moderasi beragama, sehingga tidak menimbulkan kesimpang-siuran memahaminya. Sebaliknya kita menginginkan agar tidak terjadi perselisihan diantara pemeluk agama meskipun berbeda dalam persoalan khilafiyah.

Sementara Ketua Pokja Kampung Moderasi Beragama H. Muhammad Algafari melaporkan, Sosialisasi tersebut diikuti 40 orang peserta terdiri dari Tokoh Agama, Tokoh Adat Nagari Simawang, BPRN, Pemuda, PKK, Pengurus Masjid/Mushalla, Wali Jorong, dan Penyuluh Agama Islam Kecamatan Rambatan.

Selama berlangsungnya kegiatan sosialisasi tersebut ada tiga Narasumber yang menyampaikan materi yakni H. Yusmarli Plh. Ka Kankemenag dengan judul materi Kenapa Harus Bermoderasi, H. Yendri Junaidi Ketua MUI Tanahdatar dengan judul materi Memahami Moderasi Beragama Secara Objektif dan Profesional Dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan, dan H. Alinardius Kabag Kesra Setda Tanahdatar dengan judul materi Menata Keberagaman Dalam Kehidupan Beragama Yang Harmonis. (Adm.@di/Yon).

 4,144 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

1 2 9 6 5 0
Users Today : 21
Users Yesterday : 84
Views Today : 35
Views Yesterday : 150
Who's Online : 0
Your IP Address : 44.210.99.209


 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
April 2024
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran