Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

KEMENAG KAB. TANAH DATAR BUKA PDWK TIK MA

Batusangkar (Humas-Info). Kepala kantor Kementerian Agama Kab. Tanah Datar diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha, Drs. H. Yusmarli, MA dan didampingi Kasi. Penmad, H. Helmizuldi, S.Ag, M.Pd.I membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Di wilayah Kerja (PDWK), bertajuk Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Guru Madrasah Aliyah (MA) negeri dan swasta, bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Tanah Datar, Senin (13/2/2023)

Dalam sambutannya, H. Yusmarli, mengungkapkan apresiasinya atas sinergitas yang terjalin antar Balai Diklat Keagamaan Padang dengan Kemenag Kab. Tanah Datar.

“Ungkapan terima kasih kepada BDK Padang yang sudah mengikutsertakan Kemenag Tanah Datar menjadi bagian dari pelatihan TIK untuk Guru Madrasah Aliyah, selain itu juga tak lupa untuk guru-guru yang mengikuti mata diklat ini dengan baik, karena ini adalah kesempatan besar diberikan oleh BDK untuk Kabupaten Tanah Datar” ungkap H. Jamaris dalam sambutannya.

Lebih lanjut H. Yusmarli menyampaikan bahwa adanya mata diklat TIK MA  ini salah satu bentuk percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), agar guru tidak merasa terjajah, merasa tertekan atau dalam ungkapan lainnya,  maka paradikma yang harus kita bangun pertama Guru sebagai Icon, guru TIK memiliki peran besar dalam melakukan perobahan dalam meningkatkan keahliannya dibidang teknologi. Kedua Guru sebagai fasilitator, guru TIK bisa diajak atau bekerjasama dengan guru mata pelajaran lainnya dalam memanfaatkan teknologi untuk membuat media pembelajaran. Ketiga guru TIK harus mampu melakukan inovasi termasuk memfasilisitasi madrasah dalam memanfaatkan dan mengumpulkan dokumen secara digital, seperti banksoal, bahan ajar secara digital, webside madrasah, media menulis bagi guru dan tenaga pendidik, maupun media penunjang lainnya untuk kegiatan di madrasah. Keempat guru TIK sebagai media konsultasi, baik bagi guru maupun bagi siswa di madrasah.

“Besar harapan saya semoga dengan mengikuti kegiatan ini, Bapak/Ibu sekalian bisa lebih meningkatkan perubahan yang signifikan terhadap proses pendidikan yang dilakukan, mari manfaatkan waktu dan kesempatan dalam pelatihan ini sebaik-baiknya” harap H.Yusmarli.

Sebelumnya, ketua panitia pelaksana  Fauzana, M.Pd dari Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan TIK MA ini diikuti oleh 30 guru Madrasah Aliyah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Tanah Datar. Mulai hari Senin sampai Sabtu tanggal 13 – 18 Februari 2023 sebanyak 60 jam pembelajaran, dengan pemeateri dari BLDK Pusat, BDK Padang dan Kantor Kementerian Agama Tanah Datar.

Pelatihan TIK MA diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang  dengan format Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK), yang kali ini berlokasi di Aula Kantor Kemenag Kab. Tanah Datar, adapun tujuan dilaksanakan diklat ini yaitu dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan sehingga peserta pelatihan dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan standar kompetensi. (NOVI.T)

 6,718 total views,  2 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

1 2 4 2 0 5
Users Today : 140
Users Yesterday : 73
Views Today : 239
Views Yesterday : 168
Who's Online : 1
Your IP Address : 44.220.62.183


 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
Maret 2024
S M T W T F S
25 26 27 28 29 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran