Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Keagungan hari tasyrik

hari tasyrik

ada beberapa istilah yang lazim apabila kita berada di bulan dzulhijja yakni hari tarwiyah, hari arafah, hari adha dan hari tasyrik. hari tarwiyah adalah hari berfikir atau merenung, ini diambil dari proses berfikir dan merenung nabi Ibrahim sebelum melaksanakan perintah qurban. bagi kita juga kesempatan akhir untuk menentukan keikut sertaan berqurban. hari tarwiyah jatuh tanggal 8 dzulhijjah. hari arafah hari dimana umat islam melaksanakan wukuf di arafah tanggal 9 dzulhijjah. bagi umat islam yang tidak menunaikan haji sunnah berpuasa yang balasannya terhapus dosa setahun sebelum dan sesudahnya. hari adha adalah tanggal 10 dzulhijja dimana umat islam merayakan hari kemenagan dengan melaksanakan shalat idul adha dan mengawali kegiatan ibadah qurban. hari tasyrik tanggal 11,12 da 13 dzulhijjah. Hari Tasyrik merupakan hari yang sangat diagungkan oleh Allah. Khusus di bulan Dzulhijjah, kemuliaannya menempati ranking kedua setelah hari raya Idul Adha. Keagungan hari Tasyrik ini disebut dalam al Qur’an. Allah berfirman, “Ingatlah Allah pada Ayyam Ma’dudat (hari-hari tertentu)”. (QS. Al Baqarah: 203).

Adapun yang dimaksud Ayyam Ma’dudat dalam ayat ini tak lain adalah hari Tasyrik. Seperti telah dijelaskan oleh Nabi riwayat Abu Salamah. Rasulullah bersabda, “Bahwasanya hari itu (Ayyam Ma’dudat) adalah hari makan dan minum serta dzikir” (HR. Ahmad).

Hari makan dan minum pada hadis ini menandaskan keharaman puasa pada hari Tasyrik. Selain itu, karena makan dan minum dapat menguatkan jamaah haji untuk menunaikan kewajibannya. Sehingga seluruh ritual rukun Islam yang kelima ini dapat dikerjakan secara sempurna.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menukil pendapat Ibnu Abbas menjelaskan, yang dimaksud Ayyam Ma’dudat tak lain adalah hari Tasyrik, yakni tiga hari setelah hari raya Idul Adha. Pendapat ini adalah pendapat Ibnu Umar dan mayoritas ulama. Sedangkan menurut sebagian ulama, hari Tasyrik adalah hari raya Idul Adha dan tiga hari sesudahnya.

Keterangan senada terdapat dalam Kitab al Shaumu min Shahih al Bukhari, Abdullah al Rauqiy menjelaskan, hari Tasyrik adalah tiga hari berturut-turut setelah hari raya Idul Adha atau hari raya Kurban. Dimulai dari tanggal sebelas sampai tiga belas bulan Dzulhijjah. Keterangan yang sama bisa dibaca dalam Mu’jam Lughah al Fuqaha.
Sebagaimana ditulis oleh Makki bin Abi Thalib dalam makalahnya yang berjudul Al Hidayah ila Bulughi al Nihayah, diberi nama hari Tasyrik karena pada hari-hari itu umat Islam memotong atau mengiris daging kurban untuk dikeringkan di bawah terik matahari. Satu-satunya cara untuk mengawetkan daging pada masa itu.

Pendapat lain mengatakan, seperti ditulis oleh Jalaluddin al Suyuthi dalam Al Tausyih Syarhi al Jami’i al Shahih, disebut hari Tasyrik karena penyembilahan hewan kurban dilakukan setelah terbit Matahari.

Sebagian lain mengatakan, penyebutan hari Tasyrik karena pada hari itu para jamaah haji di Mina menunggu terbitnya matahari tanpa pelindung dari terik matahari seperti bangunan dan rumah. Hal ini seperti ditulis oleh Muhammad al Faqihi dalam Akhbar Makkata fi Qadim al Dahri wa Haditsihi.

Sedangkan menurut Badruddin al ‘Aini dalam ‘Umdatu al Qari Syarh Shahih Muslim, hari Tasyrik adalah shalat Idul Adha sebab dikerjakan setelah terbitnya matahari dan naiknya matahari.

Inilah asal muasal pemberian nama hari Tasyrik. Hari agung kedua di bulan Dzulhijjah setelah hari raya Idul Adha. Oleh karena itu, sudah selayaknya bagi kita selaku penganut agama Islam untuk memanfaatkan momentum hari Tasyrik dengan melakukan amalan-amalan yang dianjurkan oleh syariat Islam. Seperti takbir dan dzikir. (ali.N)

 2,740 total views,  1 views today

Berita Terkini
Pencarian
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 5 0 8 2 5
Users Today : 10
Users Yesterday : 24
Views Today : 45
Views Yesterday : 72
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.230.144.31

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Daftar Website
Daftar Website di Lingkungan Kemenag Tanah Datar
Agenda Kegiatan
September 2021
S M T W T F S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 1 2
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran