Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Kasubbag H. Yusmarli : MGMP, Guru dan Peserta Didik Hari Ini

Batusangkar (Humas) :    Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Tanah Datar, Kasubbag TU H. Yusmarli buka secara resmi dan sampaikan arahan pada kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Tanah Datar berlangsung di aula Kantor Kemenag Tanah Datar, Kamis (19/05).

Dalam arahannya mewakili Kakan Kemenag, H. Yusmarli menyampaikan panjang lebar beberapa hal tentang persoalan GPAI hari ini diantaranya; seorang guru harus tau apa kelemahanya hari ini, lemah ilmu teknologi (IT)kah ? membuat RPP kah ? atau mengajarkah ?. Maka hari ini seorang guru kalau gagal teknologi alias Gaptek maka kacaulah semuanya.

Kemudian guru hari ini harus kaya dengan teknik menghadapi peserta didik hari ini, tercakup didalamnya metode mengajar seperti apa yang harus dikembangkan, gaya mengajar seperti apa yang harus diterapkan dan yang tidak kalah pentingnya seorang guru hari ini harus paham dengan psikologis peserta didik hari ini.

Dia menambahkan, anak didik hari ini adalah generasi alphabet, generasi gadget, generasi game, generasi cuek yang asyik dengan kesibukannya sendiri, generasi rebahan, generasi nunduk dan banayak lagi istilah lainnya, maka seorang guru hari ini harus punya trik tersendiri untuk menghadapinya dalam pembelajaran agar apa yang bapak ibu ajarkan dapat mereka serap dengan baik.

Diahir arahanya H. Yusmarli menjelaskan bahwa status Aparatur Sipil Negara (ASN) secara garis besar ada tiga kelompok, kesatu Pegawai Negeri Sipil (PNS), kedua Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan ketiga Pegawai Non PNS. Kesemuanya itu mendapatkan hak dan kewajiban yang sama sesuai regulasi, aturan atau undang-undang yang berlaku, dan kesemuanya itu butuh data untuk proses yang terkait dengan hak atau kewajiban dimaksud, maka lengkapilah semua data yang terkait dengan itu.

Hadir dan menyampaikan sambutan Pengawas GPAI SMP Kabupaten Tanah Datar Fitra Yanti, dia memaparkan jumlah SMP di Tanah Datar sebayak 56 sekolah, jumlah GPAI SMP nya sebanyak 49 orang dan dari 49 orang itu 28 orang guru PNS. Secara keseluruhan pada semester dua ini GPAI SD, SMP, SMA/K yang tercatat dalam data Emis sebanyak 458 orang dan dalam data Siaga 492 orang.

Namun yang baru meng-update data pada kedua aplikasi tersebut baru sekitar 97 %, maka untuk itu kami berharap kepada GPAI SMP yang belum memperbarui datanya agar segera diperbarui guna untuk memudahkan memproses hak dan kewajiban kita semua, imbuhnya.   (Adi.@di).

 5,778 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 6 0 4 9 6
Users Today : 6
Users Yesterday : 11
Views Today : 29
Views Yesterday : 83
Who's Online : 1
Your IP Address : 18.207.133.27

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
Juli 2022
S M T W T F S
26 27 28 29 30 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran