Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Kakan Kemenag Hadiri Pembukaan MTQ Ke-5 Tingkat Kecamatan Pariangan

Batusangkar (Humas-info) :  Melalui Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tingkat kecamatan, mari semarakkan syiar Alqur’an di tengah-tengah masyarakat dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Datar H. Amril, dalam sambutannya pada acara pembukaan MTQ Nasional ke-5 tingkat Kecamatan Pariangan di lapangan hijau Jorong Koto Baru Nagari Batu Basa, Sabtu (24/6).

“Kami melihat antusias masyarakat sangat tinggi dalam kegiatan Pembukaan MTQ Nasional ke 5 tingkat Kecamatan Pariangan terbukti ramainya masyarakat yang hadir pada saat ini, kami juga berharap semoga semangat untuk mengamalkan ajaran Al Qur-an juga meningkat sehingga kegiatan MTQ ini bukan hanya sekedar serimonial tetapi benar-benar membawa perobahan  kearah yang lebih baik”

Ka.Kankemenag juga berharap semoga ajang MTQ ini melahirkan kafilah-kafilah yang berkualitas dan mumpuni sebagai persiapan untuk MTQ tingkat Kab.  Tanah Datar tahun depan.

H. Amril juga menyampaikan bahwa Kemenag Tanah Datar siap mendukung seluruh program Pemda Tanah Datar, apalagi di bidang keagamaan  termasuk kegiatan MTQ Nasional tingkat kecamatan

Acara dibuka oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra. Diawal sambutannya beliau mengingatkan Kembali  Sosok Napoleon Bonaparte dikenal tidak hanya dikalangan sejarawan saja, namun orang awam sekalipun. Yang menarik ternyata Napoleon memiliki hubungan erat dengan Islam.

Bahkan Napoleon pernah mengatakan “the  principle  of  Qur’na with alone of tracking can lead man to  happiness”, Al Qur’an adalah prinsip dan merupakan  satu-satunya kitab suci yang dapat menghantarkan   kepada kebahagiaan.

Ungkapan tersebut tentu berdasar, Napoleon melihat   sejarah bagaimana Al-Qur’an sebagai kalam Allah SWT, yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW telah berhasil melakukan perubahan-perubahan fundamental  terhadap masyarakat Arab Jahiliyah pada abad 7.

Pada kesempatan tersebut Eka Putra menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat dan panitia penyelenggara . “Terima kasih, bahwa tanpa dukungan dari masyarakat kegiatan ini tidak dapat terlaksana dengan baik,” kata Eka Putra. 

kegiatan MTQ tersebut diikuti 6 nagari sekecamatan Pariangan selama dua hari mulai tanggal 24-25 Juni 2023, dengan jumlah peserta sebanyak 168 kafilah mengikuti 5 cabang lomba yaitu tilawah, tartil, tahfiz, MSQ dan khutbah Jumat. Kata ketua Panitia pelaksana A. Dt. Indo Marajo

Turut hadir di kesempatan tersebut, Asisten 2 dan 3 Pemda Tanah Datar, Wakil Ketua DPRD, Saidani, Camat Pariangan, Mulkhairidan Forkopinca Pariangan, Kepala KUA Pariangan, Ajiman, Penyuluh Agama Kec. PAriangan, Wali Nagari, BPRN, KAN, MUI Kec. Pariangan, Bundo Kanduang, PKK Sekecamatan Pariangan, Alim Ulama, Niniak Mamak, Kafilah, Pelatih dan Offesial masing-masing nagari se kec. Pariangan serta tokoh masyarakat dan ratusan masyarakat setempat.

Acara inipun mendapat pengamanan dari personil Polsek Pariangan, Babinsa, Limnas dan FKPM Nagari Batu basa selama pelaksanaan kegiatan. (@dm. Novi/Adi)

 2,716 total views,  2 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

1 2 9 1 8 0
Users Today : 38
Users Yesterday : 78
Views Today : 68
Views Yesterday : 199
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.230.143.213


 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
April 2024
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran