Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Ka Kankemenag H. Amril : Syarat Menjadi ASN/PTK Profesional

Batusangkar (Humas-info) :   Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanahdatar H. Amril didampingi Kasi Penmad H. Helmi Zuldi memberikan Pembinaan kepada 51 orang ASN/Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) MTsN 5 Tanahdatar berlangsung di ruang pertemuan madrasah tersebut Kamis (14/9).

Hadir dalam acara pembinaan tersebut Kepala KUA Kecamatan X Koto Bisti Syamsuri dan Plt. Kaur Tata Usaha MTsN 5 Tanahdatar Afri Yanto.

Kepala Kankemenag H. Amril dalam arahannya menyampaikan, ada Lima tugas guru yang baik dan profesional untuk di laksanakannya, pertama guru sebagai pendidik (menanamkan nilai akhlak, karakter dan moral, mampu memberikan teladan yang baik). Kedua guru sebagai pengajar (mentransfer ilmu pengetahuan dengan indikator guru harus paham materi yang diajarkan dan mengetahui metode yang lebih baik). Ketiga guru sebagai  pembimbing dan pengarah (guru harus tau karakter / sifat anak, guru mengetahui latar belakang anak). Keempat guru sebagai manajer  (guru mampu mengendalikan anak dan kelas, menata posisi ruang belajar dan melakukan evaluasi). Keelima guru harus ikut membantu mensukseskan program madrasah.

Kemudian lima skill yang harus dimiliki guru profesional, pertama harus memiliki kecerdasan spritual, kedua memiliki kecerdasan moral (mempunyai etika/akhlak yang mulia), ketiga memiliki kecerdasan intelektual (asah kompetensi diri) keempat memiliki kemampuan leadership (berjiwa kepemimpinan) dan kelima memiliki keahlian dan keterampilan di bidangnya (ciptakanlah inovasi).

Selanjutnya Lima syarat menjadi ASN yang profesional, pertama memiliki keilmuan tentang tugas yang dilaksanakan, kedua  mempunyai sikap moral yang baik, ketiga  memiliki keahlian di bidang tugas, keempat memiliki tujuan yang jelas dalam bekerja, dan kelima selalu meningkatkan profesionalitas kerja, konsepnya efektif, jelas, tepat dan cepat.

H. Amril juga menjelaskan ada lima nilai dasar ASN yang harus dimiliki,  pertama keimanan dan ketakwaan, kedua punya integritas, ketiga  profesionalitas, keempat  bertanggung jawab, dan kelima  keteladanan ucapan, sikap, tindakan dan penampilan.

Diakhir arahannya H. Amril menyampaikan ucapan terimakasih  kepada Kepala MTsN 5 Tanahdatar  H. Tarmizi atas darmabaktinya dalam memajukan Madrasah dan Kementerian Agama, semoga kebersamaan dan kekompakan yang telah terjalin selama ini menjadi tauladan bagi penerusnya nanti.

Sementara Kepala MTsN 5 Tanahdatar H. Tarmizi dalam laporannya menyampaikan bahwa dirinya TMT 1 Oktober 2023 mendatang sudah memasuki purna bakti (pensiun)  sebagai ASN Kemenag dan Kepala MTsN 5 Tanahdatar.

Dalam kesempatan tersebut H. Tarmizi berharap agar sebagai penggantinya nanti hendaknya orang yang unggul dan mengetahui seluk beluk masyarakat dan mampu bersinergi dengan lembaga pemerintahan di Kecamatan X Koto. Dia juga meminta agar Asrama permanen yang telah dirancang dapat dilanjutkan oleh Kepala MTsN 5 Tanahdatar yang baru. (Adm.@di/Yon).

 5,172 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

1 2 4 2 0 6
Users Today : 141
Users Yesterday : 73
Views Today : 249
Views Yesterday : 168
Who's Online : 0
Your IP Address : 44.220.62.183


 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
Maret 2024
S M T W T F S
25 26 27 28 29 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran