Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Ka Kankemenag H. Amril Buka Lokakarya MAN 2 Tanah Datar

Batusangkar (Humas-info) :   Kepala Kantor Kemenag Kab. Tanah Datar H. Amril menghadiri dan sekaligus membuka kegiatan Lokakarya Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dilingkungan MAN 2 Tanah Datar dengan tema “Pemantapan Implementasi Kurikulum Merdeka di MAN 2 Tanah Datar”, Jum’at (26/05).

Lokakarya Pemantapan Implementasi Kurikulum Merdeka yang diikuti 102 orang guru dan pegawai administrasi madrasah tersebut berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 26 dan 27 Mei 2023.

Ka Kankemenag H. Amril dalam arahannya mengajak para Pendidik dan tenaga pendidik madrasah tersebut untuk ikut serta mendukung program Kurikulum Merdeka tersebut

Kurikulum merdeka merupakan program nasional, Dalam dunia pendidikan, kurikulum menjadi hal yang sangat penting. Tanpa kurikulum yang tepat, para pelajar tak akan memperoleh target pembelajaran yang sesuai. Tentu saja, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik di eranya masing-masing.

Secara umum, kurikulum merdeka merupakan kurikulum pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik mempunyai waktu yang cukup untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Nantinya, guru memiliki kekuasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Untuk itu Ka Kankemenag meminta guru dan pegawai MAN 2 Tanah Datar untuk dapat menciptakan inovasi, membuat program, melahirkan terobosan baru melakukan kreatifitas pembelajaran, sekaligus meningkatkan kompetensi guru sehingga ada pembelajaran yang berkualitas.

Lebih lanjut H. Amril menerangkan, Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah:

  1. Struktur kurikulum lebih fleksibel
  2. Fokus pada materi esensial sehingga pembelajaran lebih mendalam,
  3. Waktu lebih banyak untuk pengembangan kompetensi dan karakter  
  4. Capaian pembelajaran per fase dan jam pelajaran yang fleksibel mendorong pembelajaran yang menyenangkan dan relevan dengan kebutuhan pelajar dan kondisi satuan pendidikan.
  5. Mengedepankan gotong royong dengan seluruh pihak untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

Diakhir arahannya Ka. Kankemenag menyampaikan sejak adanya sistem merit dan UU ASN No. 5 tahun 2014, bahwa seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memiliki tiga unsur, yaitu pertama Kualifikasi, seorang ASN mempunyai kualifikasi tetapi belum tentu berkompeten, oleh karena itu uji kompetensi menjadi mandatori setiap ASN. Gunanya, untuk memetakan kompetensi ASN dan kepentingan promosi dan rotasi. Kedua  Kompetensi masing masing ASN harus memiliki keahlian/kemampuan dibidangnya masing-masing, seperti guru harus menguasai kurikulum selaku tenaga pendidik dan ketiga  Kinerja agar setiap ASN harus mempunyai kinerja yang sesuai dengan target output. Maksud kinerja disini dimana keberhasilan dan tingkat pencapaian pelaksanaan kegiatan yang diberikan kepada ASN untuk menguatkan terlaksananya visi dan misi Lembaga  . (Adm.Novi/Yon).

 2,914 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

1 2 9 6 4 5
Users Today : 16
Users Yesterday : 84
Views Today : 24
Views Yesterday : 150
Who's Online : 0
Your IP Address : 44.210.99.209


 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
April 2024
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran