Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

H. Amril, Sosialisasi Kampung Moderasi Beragama di Nagari Andaleh

Batusangkar (Humas-info) :   Ka Kankemenag Tanagdatar H. Amril didampingi Kasubbag TU H. Yusmarli dan Kasi Bimas Islam H. Muhammad Algafari membuka Sosialisasi Kampung Moderasi Beragama Binaan Penyuluh Agama Islam Kabupaten Tanahdatar berlangsung satu hari di Kantor KAN Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh Senin (24/7).

Hadir dalam acara tersebut Wali Nagari Andaleh Bahuri Dt Rangkang, Camat diwakili Sekcam Baharuddin, Danramil diwakili Christon Nduru, Ka KUA Batipuh Iswandi, Ketua Pokjaluh Tanahdatar Dodi Hendra, Wali Jorong, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat Nagari Andaleh, Penyuluh Agama Islam Tanahdatar dan Kecamatan Batipuh.

H. Amril dalam sambutannya menyampaikan,  Kemenag punya 7 program unggulan, salahsatunya “Penguatan moderasi beragama”, maka sebagai tindaklanjutnya dibentuklah Kampung Moderasi Beragama yang  disosialisasikan itu. Untuk Kabupaten Tanahdatar pada tahap ini hanya 2 Nagari yang kami tunjuk, yakni Nagari Simawang di Kecamatan Rambatan dan Nagari Andaleh di Kecamatan Batipuh.

Dia menjelaskan, kenapa Nagari Andaleh itu yang ditunjuk menjadi kampung moderasi, karena pemahaman beragama masyarakatnya sangat toleransi dan rukun walaupun ada perbedaan pemahaman tetapi tidak pernah terjadi gesekan.

Kemudian dia menegaskan, moderasi beragama itu akan terwujud apabila kita selalu menjunjung tinggi sikap toleransi antara sesama pemeluk agama, tidak ekstrim atau memaksakan ajaran pemahaman agamanya kepada orang lain dan tidak radikal dalam menganut paham tertentu.

Moderasi Agama itu akan berhasil jika tidak adanya kekerasan dalam menyelesaikan persoalan Agama. Moderasi itu juga sikap pro-aktif terhadap budaya lokal, menghargai dan mengakomodir budaya yang ada di tengah masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut H. Amril berharap semoga Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh  menjadi Kampung Moderasi Beragama Percontohan di Provinsi Sumatera Barat dan sekaligus dijadikan sebagai Nagari tempat study tiru bagi daerah lain dalam bidang kerukunan umat beragama.

Adapun Narasumber dalam sosialisasi tersebut ialah H. Amril Ka Kankemenag Tanahdatar, H. Yusmarli Kasubbag TU dan Dodi Hendra Ketua Pokjaluh Tanahdatar, dan kegiatan sosialisasi itu dikikuti oleh 35 orang peserta dari semua unsur yang ada di Nagari Andaleh tersebut. (Adm.@di/Yon).

 2,989 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

1 0 2 8 0 4
Users Today : 5
Users Yesterday : 176
Views Today : 6
Views Yesterday : 297
Who's Online : 1
Your IP Address : 3.235.188.113


 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
Oktober 2023
S M T W T F S
24 25 26 27 28 29 30
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran