Kategori Tulisan
Panel Login
Jadwal Shalat Hari ini

Batusangkar dan sekitarnya

Untuk melihat Jadwal Shalat di

kota anda, klik daftar nama kota

tempat anda tinggal di bawah!

Follow Us on Twitter

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Gerakan 21 Hari Subuh Berjamaah Di Masjid Ihsan Ngungun Panti Dipadati Jamaah

Shalat yang merupakan tiangnya agama – sekaligus pendanda apakah seseorang dikatakan muslim atau bukan – memiliki peran yang sangat vital dalam membentuk karakter seorang muslim. Maha benar Allah SWT dalam firman-Nya yang artinya “… sesungguhnya shalat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar“.

Namun demikian, di lain pihak begitu lemahnya ghirah dan semangat umat Islam untuk melaksanakan kewajiban utama tersebut. Di saat gema adzan berkumandang, masih banyak orang-orang yang tetap asyik dan terlena dengan kesibukannya masing-masing. Padahal  panggilan Allah tersebut tidak akan menyita waktu yang lama. Hanya perlu beberapa menit saja untuk bersimpuh sujud kemudian berdoa kepada-Nya. Tapi anehnya, sepertinya kehidupan dunia telah menyihir manusia sehingga mereka lupa bahwa dunia hanyalah kehidupan sementara, sedangkan akhirat merupakan kehidupan yang sebenarnya, yang kekal dan abadi.

Masjid-masjid sepi dari jamaah, sementara bangunannya megah-megah. Dari 5 waktu shalat wajib, yang agak mendingan adalah di waktu shalat Maghrib, di masjid ada jamaah. Namun saat Isya datang, jamaah sudah berkurang. Ketika Shubuh tiba banyak manusia masih terlelap dalam tidurnya, terbuai dalam mimpinya. Di kala Zhuhur, dengan alasan kesibukan, banyak manusia yang tidak bergeming ketika adzan memanggil. Apalagi di saat Ashar, dengan alasan kelelahan setelah beraktifitas shalatpun terlewatkan. Na’uzdu billah.

Melihat kondisi masjid tersebut, Forkopinka Kecamatan Rambatan yang terdiri dari Camat, Danramil, dan Kapolsek bekerja sama dengan KUA Rambatan membuat sebuah terobosan baru dalam mengenjot ghirah dan semangat masyarakat untuk melaksanakan shalat Shubuh berjamaah di masjid. Gerakan tersebut kemudian disebut dengan “Gerakan 21 Hari Subuh Berjamaah“.

Selama 21 hari berturut-turut, warga masyarakat Jorong Panti Rambatan, khususnya anak-anak dan remaja (balita s.d 15 tahun) dengan didampingi para orang tua melaksanakan shalat Shubuh berjamaah di masjid Ihsan. Selama itu pula, Forkopinka Kecamatan Rambatan pun hadir. Bahkan camat Rambatan, Abdurahman Hadi, M.Si dalam pesannya menyatakan bahwa bagi anak-anak yang hadir setiap hari akan diberikan reward. Reward tersebut bisa berupa bingkisan atau piagam penghargaan.

Gerakan 21 Hari Subuh Berjamaah ini dimulai sejak hari Ahad,  21 Januari 2018. Dari pantauan penulis, ternyata dari hari pertama hingga hari keempat saat ini, jamaah terus bertambah banyak, baik anak-anak maupun orang dewasa. Tentu saja ini sangat menggembirakan.

Semoga selepas Gerakan 21 Hari Subuh Berjamaah ini, jamaah akan tetap istiqamah melaksanakan shalat Shubuh berjamaah di masjid. Demikian juga anak-anak dan remaja yang dengan program ini mereka tengah dibiasakan, semoga ini akan menjadi pembiasan yang memberi bekas positif bagi mereka, yaitu memiliki semangat untuk tetap melaksanakan shalat berjamaah di masjid.

 



 


Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Video Kegiatan
Kalender
November 2019
S M T W T F S
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran
Statistik Kunjungan
  • 18564Total Pengunjung:
  • 6Hari ini:
  • 38Kemarin:
  • 0Online: