Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Drs. H. Syahrul Buka Kegiatan Pengembangan Sistem Regulasi Supervisi Pembelajaran Madrasah/RA

Tanah Datar (Humas), Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tanah Datar, Drs. H Syahrul di dampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Helmizuldi, S.Ag, M.Pd.I membuka kegiatan Pengembangan Sistem Regulasi Supervisi Pembelajaran Madrasah/RA Tahun 2021 yang berlangsung di Aula Kantor Kemenag Kab. Tanah Datar, Selasa, 3/08/2021. 

Mengawali sambutannya Kakankemenag menyampaikan beberapa hal yang harus diketahui yakni “Pertama: Bapak/Ibu adalah orang pilihan dari masing-masing satker yang mendapat kepercayaan dari pimpinan, Kedua: acara ini secara umum membawa dampak positif bagi peserta dalam rangka meningkatkan kualitas madrasah dan sekaligus ajang silaturahmi dan konsolidasi. Ketiga: mengingat kondisi yang terjadi hari ini kita tetap memberlakukan secara ketat protokol kesehatan Covid19 dilingkungan sekolah demi kebaikan kita semua. Peningkatan mutu pendidikan di madrasah adalah tanggung jawab kita bersama oleh karena itu mari bahu membahu untuk meningkatkan mutu pendidikan madrasah yang ada di kabupaten Tanah Datar,

Diakhir sambutannya, Kakankemenag menyampaikan “kita ingatkan kembali, bahwa supervise pembelajaran adalah hal biasa dan rutinitas di masing-masing madrasah, namun kita harus paham dan mengikuti perubahan yang terjadi dalam regulasi dan aturan yang terjadi. Kita berharap kegiatan ini bisa menambah wawasan dan semangat kita dalam menjalankan amanah yang diberikan oleh negera kepada kita”.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Tanah DAtar, Helmizuldi, menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan Pengembangan Sistem/Regulasi Supervisi Pembelajaran Madrasah/RA tahun 2021 ini adalah sebagai upaya meningkatkan etos kerja, tugas supervisi yang diemban oleh kepala madrasah dan pengawas madrasah serta merupakan instrumen penjamin mutu pembelajaran di madrasah, Helmizuldi  berharap kegiatan ini dapat memberi arah atau panduan jelas dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran di madrasah.

Acara yang berlangsung selama sehari tersebut diikuti 79 orang wakakur Madrasah/RA se Kab. Tanah Datar dengan  narasumber Pengawas Madrasah Kabupaten Tanah Datar Drs. H. Husaini, M.Pd.

Husaini menguraikan bahwa keberhasilan sebuah program dapat tercapai secara maksimal bila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, berkesinambungan, pengawasan, pendampingan serta evaluasi. Tujuan Fungsi Manfaat Supervisi dalam Pembelajaran. Dari titik pangkal inilah diperlukan layanan supervisi dalam kelangsungan pendidikan terlebih dalam proses pembelajaran. Supervisi merupakan suatu layanan dari atasan kepada bawahan dengan memberikan pengarahan guna mengembangkan kinerja menjadi lebih baik.

Lebih lanjut Husaini menegaskan bahwa esensi supervise pembelajaran sama sekali bukan menilai unjuk kerja guru dalam mengelola proses pembelajaran melainkan membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalisme guru dala memlaksankan tugasnya. Untuk kegiatan supervise tidak mesti hanya dilakukan oleh kepala madrasah atau waka, namun bia dilakuakn oleh tim yang dibentuk oleh madrasah.

 1,933 total views,  1 views today

Berita Terkini
Pencarian
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 5 0 9 9 8
Users Today : 20
Users Yesterday : 44
Views Today : 43
Views Yesterday : 100
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.235.175.15

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Daftar Website
Daftar Website di Lingkungan Kemenag Tanah Datar
Agenda Kegiatan
September 2021
S M T W T F S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 1 2
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran