Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Follow Us on Twitter
Panel Login

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Bimwin Angkatan VII di Buka Kakan Kemenag Tanah Datar

Batusangkar, Humas–Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar, H. Syahrul didampingi Kasi Bimas Islam, H. Alinardius membuka secara resmi Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Pra Nikah bagi Calon Pengantin Angkatan VII Kabupaten Tanah Datar Tahun 2020 di aula Kantor Kemenag Tanah Datar, Senin ( 9/21).

Kakan Kemenag Kabupaten Tanah Datar, H. Syahrul dalam arahanya mengatakan setiap calon pasangan pengantin yang akan melaksanakan pernikahan diwajibkan terlebih dahulu untuk mengikuti Bimbingan Perkawian yang dilaksanakan Kementerian Agama Kabupaten/ kota di Indonesia. 

Jika pasangan catin tersebut sudah memiliki sertifikat telah mengikuti Bimwin yang dilaksanakan Kemenag Kabupaten/Kota tersebut,. Maka pasangan catin itu suda dapat dilangsungkan acara pernikahannya.

Dalam kesempatan tersebut Kakan Kemenag, H. Syahrul mengingatkan kepada calon pengantin yang mengikuti Bimwin itu agar setelah menikah nanti dapat menjalin silaturrahmi, saling harga menghargai antara suami dan istri.

Kakan Kemenag mengingatkan kepada peserta Bimwin jika dalam keluarga nanti tidak lagi ada kecocokan antara suami dengan isteri, janganlah terlalu cepat untuk menjatuhkan talak kepada isteri apa lagi talak tiga, tapi pikirkan dulu secara matang dan berusahalah untuk memperbaiki hubungan keluarga itu agar lebih baik kedepannya.

Ia juga ga mengingatkan agar pasangan suami isteri jangan lupa untuk melaksanakan kewajibannya sebagai umat Islam menunaikan ibadah shalat lima waktu sehari semalam. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Kemudian selalu menjadi teladan di tengah masyarakat.

Menurut laporan Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Tanah Datar, H. Alinardius selaku Ketua Pelaksana menjelaskan, Kegiatan Bimwin tersebut diikuti sebanyak 15 pasang Catin (30 orang) berlangsung selama dua hari (9 dan 10 November 2020).
Sedangkan Nara Sumber yang akan menyampaikan materi selama berlangsungnya bimbingan perkawinan tersebut ada empat orang nara sumber.

Keempat nara sumber tersebut masing masing, H. Syahrul, Kakan Kemenag Tanah Datar dengan Judul materi Paparan Kebijakan Bimwin dan Mempersiapkan Perkawinan Yang Sakinah. H. Alinardius, Kasi Bimas dengan Judul Materi Mempersiapkan Generasi Yang Berkualitas dan Memenuhi Kebutuhan Keluarga.

Desi Asiswanti, dari Dinas Kesehatan dengan Judul Materi Menjaga Kesehatan Reproduksi, dan Raudhatul jannah Penyuluh Agama Tanah Datar dengan judul materi Kontrak Belajar Pretest, Membangun Hubungan Dalam Keluarga dan Refleksi Postest dan Evaluasi.

Dengan dilaksanakan Bimwin angkatan ke VII tersebut, berarti sudah 140 pasang catin (280) orang yang telah diberikan bimbingan, termasuk 35 pasang catin (70 orang) catin dari KUA Kecamatan se Kab. Tanah Datar.  Bimbingan Perkawin bagi Pra Catin pada tahun ini masih ada 4 (empat) angkatan lagi (60 pasang) catin yang akan dilaksanakan yakni Angkatan VIII s/d Angkatan XI, masing masing angkatan 15 pasang (30) orang catin. (Yon/Novi)


Jadwal Shalat untuk Wilayah Batusangkar dan Sekitarnya

.



Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook


 


Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Kalender
Desember 2020
S M T W T F S
29 30 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran
Statistik Kunjungan
  • 30010Total Pengunjung:
  • 15Hari ini:
  • 29Kemarin:
  • 0Online: