Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Bimtek EDM & e-RKAM Sumbar Rombel 2 Tanahdatar

Batusangkar (Humas-info) :   Ka Kankemenag Tanahdatar H. Amril didampingi Kasi Penmad H. Helmi Zuldi membuka secara resmi Bimtek Tim Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Elektronic Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (e-RKAM) Prov. Sumbar Rombel 2 Kabupaten Tanahdatar di Grend Rocky Hotel Bukittinggi Rabu malam (10/5).

Hadir dalam pembukaan bimtek itu LSP PT. Reka Spasia Indonesia  Ismet, S.T sebagai konsultan pengadaan kosumsi, akomodasi dan transportasi dalam kegiatan Bimtek EDM & e-RKAM.

Ketua Bimtek H. Helmi Zuldi melaporkan Bimtek Rombel 2 yang dibiayai Bank dunia itu diikuti 30  peserta dari 10 madrasah negeri dan swasta di Kabupaten Tanahdatar. Masing masing madrasah diikuti kepala madrasah, operator dan bendahara. Kegiatan berlangsung 10 – 12 Mei 2023.

Selama Bimtek berlangsung nara sumber yang menyampaikan materi ialah Bahrul Fahmi dan Elidazarti dari Kantor Kemenag Tanahdatar.

Ka Kankemenag H. Amril dalam sambutannya menjelaskan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) merupakan proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan pemangku kepentingan tingkat madrasah berdasarkan indikator kunci dan mengacu kepada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Sementara Elektronic Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (e-RKAM) adalah kewajiban madrasah untuk membuat perencanaan dan penganggaran dalam menggunakan dana yang diperoleh dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

H. Amril mengatakan  sasaran Bimtek  menjadikan madrasah hebat bermartabat khususnya pada EDM &e-RKAM tentang pengusulan , pencairan dan pelaporan dana BOS madrasah dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Raudhatl Adhfal (RA).

Kemudian tujuan EDM & e-RKAM ialah untukmenilai kinerja madrasah berdasarkan SNP, memetakan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan madrasah, membantu menentukan prioritas program dan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan madrasah dan sebagai acuan penyusunan Rencana Kerja  Madrasah ( RKM).

Selanjutnya untuk mewujudkan pelaksanaan EDM & e-RKAM pada madrasah sangat dibutuhkan terciptanya kebersamaan dan kemauan kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, komite madrasah, siswa dan orang tua siswa untuk bersedia memperbaiki  kekurangan serta mempertahankan dan meningkatkan keunggulan dalam mencapai visi dan misi madrasah, ujar H. Amril berharap. (Adm.@di/Yon).

 2,222 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

1 2 9 6 5 0
Users Today : 21
Users Yesterday : 84
Views Today : 34
Views Yesterday : 150
Who's Online : 0
Your IP Address : 44.210.99.209


 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
April 2024
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran