Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

Belajar Zi dari Negeri sejuta pesona

Senin, 5 Juli 2021
Menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan bahkan dituntut dari ayunan sampai ke liang kubur (hadits). Mencermati hadits tersebut Kepala kantor kementerian agama kabupaten Tanah Datar beserta rombongan melaksanakan study tiru ke Kemenag kab pesisir Selatan dalam rangka sharing session pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani Jumat 2 Juli 2021 . Rombongan disambut oleh kamenag Pessel dan jajaran madrasah dan KUA di MAN 2 pessel di salido. Kegiatan sharing zona integritas diawali penampilan video pembentukan zona integritas Kemenag kab pesisir Selatan. Dalam sambutannya kamenag Pessel H Abrar Munanda.M.Ag menjelaskan kegiatan ini merupakan bukti kedekatan dan membina jembatan hati antar dua kamenag. Jarak tidak akan membatasi untuk senantiasa membina silaturrahim. Pembangunan zi Pessel melanjutkan rintisan yang sudah diawali oleh Kemenag terdahulu. Menanamkan komitmen dalam berfikir dan bertindak adalah kunci sukses pembentukan integritas ASN. Untuk mewujudkan hal tersebut seluruh ASN diberikan untuk mengekspresikan makna integritas hingga terbuat pohon integritas di kamenag Pessel. Adapun inovasi yang dilaksanakan oleh Tim Zona Integritas Pesisir Selatan sebagai berikut : 1. Simpul sehati ( sistem Informasi Managemen pelayanan unggul sepenuh hati ) kegiatan ini untuk melayani masyarakat dengan ramah, senyum sapa dan salam dengan sentuhan agama (hati) 2. Jendela hati (jenguk dengar layani jamaah haji sepenuh hati) kegiatan ini untuk menyentuh hati jamaah yang batal haji maka seluruh KUA dan penyuluh mendatangi rumah jamaah haji untuk menjelaskan KMA pembatalan haji baik 494 tahun 2020 maupun 660 tahun 2021. Untuk manasik dilakukan secara virtual kepada jamaah, berupa tazkiah (tahsin zikir amalan haji.) 3. Mis d’lima (minta satu dapat lima) kegiatan diprioritaskan untuk urusan pernikahan. catin yang melaksanakan pernikahan akan mendapatkan lima dokumen yakni kartu nikah buku nikah sertifikat catin KTP dan KK. 4. Kua sehat (simpel efektif melayani masyarakat) sebagai garda terdepan KUA harus bisa menjemput bola dalam melayani masyarakat. 5. Gutamatren (guru tamu pada pondok pesantren) program ini untuk menigkatkan kemampuan siswa pontren dan madrasah dengan menghadirkan pelaku usaha life skill untuk siswa Aliyah dan pontren. 6. Dua kaki debe (dua meter kiri kanan muka belakang harus bersih. ) selaku ASN kamenag harus peduli dengan kebersihan. maka masing-masing harus peduli kebersihan. 7. Gentaqu (gerakan cinta Qur’an) aplikasi kegiatan ini dengan menghafal dan menulis kitab suci Al-Qur’an. 8. Datuk Pessel (data terintegrasi unggul untuk pesisir Selatan). Disamping delapan program seluruh layanan di update melalui you tube.
Kamenag tanah datar Drs H Syahrul menyampaikan terima kasih atas layanan Kemenag Pessel sehingga terjalin silaturrahim disamping kunjungan balasan juga study tiru zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani di Pessel. Kemenag Tanah Datar siap meniru dengan mengasin atau mencangkok program zi pessel untuk kamenag luhak nan tuo. Kegiatan juga dilanjutkan pertandingan olahraga bulu tangkis dan tenis meja antara dua kamenag. Rombongan Kemenag juga melanjutkan rekreasi ke kabupaten Pessel rancak dan negeri sejuta pesona. Mulai cerocok, masjid terapung dan kawasan wisata mandeh. ali

 2,831 total views,  2 views today

Berita Terkini
Pencarian
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 5 0 9 9 7
Users Today : 19
Users Yesterday : 44
Views Today : 41
Views Yesterday : 100
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.235.175.15

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Daftar Website
Daftar Website di Lingkungan Kemenag Tanah Datar
Agenda Kegiatan
September 2021
S M T W T F S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 1 2
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran