Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

BEDA MASJID AL-AQSHA DAN QUBA AL-SHAKHRAH

Masjid Al-Aqsha menempati posisi penting di antara umat karena ia adalah kiblat petama dan haram ke tiga, kebanyakan umat Islam tidak mengetahui perbedaan antara Masjid Al-Aqsha dan Qubah Al-Shakhrah.

Perbedaannya adalah bahwa Masjid Al-Aqsha dibangun sebelum Qubah Al-Shakhrah dan Qubbah Al-Sakhrah sendiri dianggap bagian dalam dari Masjid Al-Aqsha, namun banyak juga umat Islam tidak bisa membedakannya dan banyak yang menyangka bahwa qubah emas di pelataran Masjid Al-Aqsha adalah Masjid Al-Aqsha itu sendiri, namun itu adalah sebuah kkesalahan, yang benar adalah bahwa qubah emas itu adalah Qubah Al-Shakhrah.

Berikut dijelaskan perbedaan keduanya.

Masjid Al-Aqsha

Masjid Al-Aqsha atau dikenal dengan Aqsha dan Baitul Maqdis, adalah salah satu masjid terbesar di dunia dan termasuk masjid paling disucikan umat Islam, dan mengujunginya walaupun susah sesuai hadis Nabi SAW, dan ia juga kiblat pertama dan haram ketiga, keduanya tergabung dalam satu tempat dan yang kedua adalah bagian dari yang pertama.

*Keduanya adalah bagian masjid Al-Aqsha semua yang dalam pagar wana biru, semua mencakup pagar, halaman, taman, langit dan isi masjid*

Dimana terletak Masjid Al-Aqsha

Masjid Al-Aqsha terletak di dalam Kota Tua di Qudus yang mulia di Negara Palestina, dan ia adalah mencakup semua area yang dipagari dan apa yang berada di dalam pagar itu keseluruhan adalah Masjid Al-Aqsha yang terelatak di tenggara kota tua yang dipagar.

Apa itu Masjid Qubah Al-Shakhrah

Masjid dan Qubah Al-shakhrah dibangun oleh khalifah Abdullah bin Marwan dimulai pembangunannya pada tahun 66 hijrah atau 685 Masehi, dan selesai pada tahun 72 Hijriah atau 691 Masehi.

Luas Masjid Al-Aqsha:

Luas Masjid Al-Aqsha mencapai hampir 144 000 meter bujursangkar, termasuk di dalamnya Qubah Al-Shakhrah, Masjid Al-Qibli, dan Mushalla Marwani dan beberapa landmark lain mencapai jumlah 200, yang tereletak di dataran tinggi kecil yang disebut “Morea” dan Shakhrah adalah tempat yang paling tinggi disana.

Pembangunan Masjid Al-Aqsha

Tidak diketahui secara detil kapan dibangun Masjid Al-Aqsha, namun Hadis Nabi menerangkan bahwa pembangunannya setelah Ka’bah empat puluh tahun, dari Abu Zar Ia berkata: Aku berkata wahai Rasulullah Masjid Apa yang pertama dibangun di bumi? Ia berkata: “Masjid Al-Haram” Kemudian apa? Ia berkata: “Masjid Al-Aqsha” aku berkata: berapa jarak antara keduanya? Rasul menjawab “Empat Puluh Tahun”

Apa itu Qubah Al-Sakhrah?

Qubah Al-Shakhrah adalah bangunan segi delapan yang mempunyai empat pintu, didalamnya segi delapan juga yang menjadi penyanggah pilar, di dalamnya ada lingkaran yang ditengahnya ada “batu mulia” yang dari sana Nabi SAW mi’raj ke langit dalam peristiwa isra’ dan mi’raj, tinggi batu itu sekitar 1,5 meter dari permukaan tanah, dan bentuknya tidak beraturan kisaran diameternya antar 13 s/d 18 meter, dan ditengah batu ada qubah berdiameter 20 m, dari luar di cat dengan warna emas, tingginya 35 m diatasnya ada bulan sabit dengan tinggi 5 m.

Hampir setiap hari Masjid Al-Aqsa terkena serangan pemukim melalui kelompok dan dalam dua shift, pagi dan sore, dan di bawah kuasa otoritas pendudukan, dalam upaya untuk memaksakan pembagian waktu dan tempat.

Diterjemahkan Oleh: Muhammad Abrar Ali Amran, Lc. MA.

           Penerjemah Kemenag Tanah Datar

Sumber :  https://www.as4ev.net/2022/05/aqsa.html

 3,920 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 6 8 8 6 3
Users Today : 46
Users Yesterday : 83
Views Today : 99
Views Yesterday : 178
Who's Online : 1
Your IP Address : 3.238.118.80

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
Desember 2022
S M T W T F S
27 28 29 30 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran