Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

APA YANG MENJADIKAN QUDS PENTING BAGI SETIAP AGAMA

Fakta terakhir di quds, terulang perdebatan kesucian quds menurut pengikut Yahudi Masehi dan Islam.

Mengapa kota ini imenjadi ikon utama bagi pengikut agama langit?

Dengan pergantian era sejarah, kota ini dinamakan dengan Eliya, Orshelim dan Quds,  dan banyak Riwayat agama yang menggambarkan tentang kesuciannya.

Karena nash-nash dan buku-buku tentang agama banyak menyinggung kejadian penting yang terjadi di sana, dari Penyaliban Isa dan Isra’ Mi’raj.

Sebagaimana orang Islam meyakini akhir zaman dan hari kiamat bahwa kejadian-kejadian berkaitan dengan hari kiamat seperti yang diriwayatkan beberapa agama akan terjadi di kota ini.

Ikonitas Quds terpusat sekitar beberapa kejadian sejarah dan reliji yang ada disana diantaranya:

MASJID AQSA

Haram Mulia atau Baitul Maqdis, atau salah satu masjid terbesar di dunia, kiblat pertama umat Islam dan ini disebutkan oleh Al-Quran.

Sejarawan berbeda pendapat tentang sejarah pembangunan Masjidil Aqsha, dan disebutkan dalam Hadis Nabi, manjadikannya tempat ibadah tertua dan tersuci bagi umat Islam, Masjid pernah dihancurkan, dan diulang pembangunannya beberapa kali, dan pernah dikuasai pasukan salib, kemudian dikembalikan oleh Salahuddin al-Ayyubi, dan ia juga memperbagus bangunannya.

Dan Muslim percaya bahwa Nabi Muhammad dibawa di punggung Buraq dengan Malaikat Jibril pada malam Isra’ dan Miraj dari Masjidil Haram di Makkah ke Baitul Maqdis di Palestina.

GEREJA AL-QIYAMAH

Dibangun di atas batu gogotha tempat dimana “al-Masih” di salib menurut Injil, terletak di dalam pagar kota tua di Al-Quds, diyakini di gereja ada kuburan Isa, dan dikuasai oleh beberapa golongan Kristen. Gereja dianggap tempat berhajinya umat Kristen setiap tahun, atau datang untuk mencari berkah,  dan terminal utama dalam kehidupan Isa.

Gereja dibangun pada masa Bizantium, atas inisiatif Helena, orang tua embratur Konstantinopel, pada abad ke 14 miladiyah. Pernah dirusak menurut sejarah disebabkan peperangan di kota itu, dan pernah diulang pembangunnya beberapa kali. Dia dianggap bangunan sejarah penting, disana ada mozaik turunnya Isa dan qubahnya dianggap karya seni penting dunia.

TEMBOK RATAPAN ATAU BURAQ

Tambok itu dianggap peninggalan sejarah dari Kuil Sulaiman, menurut keyakinan Yahudi, di dekat sana jutaan orang Yahudi melaukan ritual menangis duka.

Rabi Yahudi meyakini bahwa Kuil itu termasuk bagian suci, menurut keyakinan Agama mereka, dan d isana ada Tabut Zaman, dan tulisan 10 perintah tuhan yang diberikan ke Nabi Musa,

Sebagaimana mereka meyakini bahwa di sana ada batu yang menjadi cikal bakal penciptaan alam ini, dimana Nabi Ibrahim mempersiapkan pengorbanan anaknya Ishak,

Jutaan Yahudi dari penjuru dunia mengunjungi tempat mereka berhaji untuk berdoa dan memuji.

Dengan adanya isyarat perbedaan pandangan antara Sebagian Rabi tentang disyariatkannya berdo’a di dekatnya.

Dinding tersebut juga mempunyai peran penting bagi Umat Islam, karena itu dinamakan dengan diding Buraq, dan Muslimin yakin bahwa Nabi mengikat Buraq di sana pada malam Isra’ dan Mi’raj.

Muhammad Abrar Ali Amran, Lc. MA. Penerjemah Kemenag

Sumber: https://www.bbc.com/arabic/middleeast-57075030 

 2,001 total views,  2 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 5 9 2 8 2
Users Today : 27
Users Yesterday : 36
Views Today : 85
Views Yesterday : 136
Who's Online : 0
Your IP Address : 18.208.186.139

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
Mei 2022
S M T W T F S
24 25 26 27 28 29 30
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran