Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

APA YANG KITA PELAJARI DARI HAJI

Khutbah Jum’at

Ibadallah

Berlalunya hari yang kita saksikan, sebahagian kaum memenangkan ampunan dosa dan keredaan Sang Maha Megetahui yang ghaib, hari itu berlalu dengan semua kebaikannya, dan haji pun mulai menutup pintu-pintunya, dan dengan karunia Allah jadilah ia haji yang dimudahkan, kita berdo’a kepada Allah agar diterima haji mereka, dan dibalasi yang melakukan semua pertolongan untuk tamu Yang Maha Penyayang dengan balasan yang baik.

Dalam khutbah kali ini kita akan mengingat-ingat Kembali faedah-faedah haji:

Pertama; jema’ah haji belajar dari perjalanan haji bagaimana menjadi pengikut yang baik kepada Rasulullah SAW, musim haji adalah musim bertambahnya keterkaitan seseorang dengan ajaran Rasulullah SAW, karena beliau bersabda: “Ambillah dariku Manasik kalian” maka kamu lihat jema’ah haji selalu berhati-hati dan bertanya, dan mengikuti petujuk nabi tanpa meyalahi, semua itu demi haji yang sama sebagaimana yang dilaksanakan Rasulullah SAW,

Wahai kalian yang berakal: alangkah indahnya Ketika setiap muslim menjadikan mengikuti ajaran Rasulullah SAW, di seluruh kehidupannya, di ibadah, mu’amalah, penampilan dan berbicaranya, Ketika mukim ataupun musafir, Maha benar Allah Ketika berfirman: “Katakanlah jika engkau mencintai Allah maka ikutilah aku niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa kalian” (QR: Ali Imran. 31).

Kedua: Jema’ah belajar dari haji mereka: Merasakan pahala amal shaleh yang menjadi motor utama dalam beramal, yang capek tidak akan mau bercapek-capek, meninggalkan keluarga dan orang-orang yang mereka cintai kecuali karena berharap apa yang ada pada Allah SWT yaitu pahala.

Jemaah haji selalu -mengiangkan- perkataan Nabi SAW, “Tidak ada balasan haji mabrur kecuali surga”

Jadi mereka mengeluarkan harta mereka, mengorbankan waktu mereka, melalui kesulitan haji dengan jiwa yang tenang, dan hati redo dan taqwa.

Apabila hal ini sudah mantap dalam jiwa maka tidak akan pernah terlambat shalat subuh seorang yang merasakan dalam hatinya perkataan Nabi SAW, “tidak dijilat api neraka seseorang yang shalat sebelum terbit dan terbenam matahai” dan orang yang merasakan sabda Nabi SAW, “Engkau akan melihat Tuhanmu sebagaimana Engkau melihat bulan di malam purnama, jika engkau sanggup untuk tidak dikalahkan oleh shalat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam, maka lakukanlah”, dan juga tidak akan menggenggam tangan dari bersedekah, apabila ia menghadirkan sabda Nabi SAW, “Tidaklah seseorang bersedekah sebutir kurma dari hasil usaha yang baik kecuaili Allah akan mengambilnya dengan tangan kananNya, maka Allah akan mengembangkannya sebagaimana seseorang anak kudanya, sehingga menjadi seperti sebuah gunung atau lebih besar” (HR; Bukhari Muslim)

Ketiga: Pendidikan jiwa untuk ikhlas, merasa dilihat, dan kesucian: “jangan rafats, fusuq dan jidal dalam berhaji” seorang hamba dalam nus uknya akan meninggalkan perbuatan yang dilarang Allah dan mencela karena mengagungkan Allah dan takut akan dikuranginya pahala. Demikianlah haji berpengaruh kepada jiwa pelakunya baik Pendidikan ataupun pen-sucian yang tak sanggup seorangpun untuk menghitungnya, dan kiyaskanlah kepada haji ini ibadah yang lainnya. Wahai manusia bukankah kemenangan dan keberhasilan di akhirat disebabkan oleh kadar melatih dan mensucikan jiwa “Sungguh telah beruntung orang yang mesucikannya dan maerugilah orang yang mengotorinya”.

Ibadallah

Berbaik sangkalah kepada Tuhanmu, karena pemberian Allah jauh lebih dahsyat dari harapanmu, dan kebaikannya jauh lebih luas dari permasalahan kalian, dan mulailah umur kalian dari sekarang dengan fajar baru, berbuat baiklah dan gulung serta cukupkanlah yang sudah berlalu, ketahuilah bahwa latihan ketaatan tiada akhir kecuali ajal.

Aqulu ma sami’tum Wa astaghfirullahal Azhim walisairil musliminan, fastaghfiruhu wa tubu ilaihi innahu huwal Ghafurur Rahim

Diterjemahkan oleh: Muhammad Abrar Ali Amran

Penerjemah Kemenag Tanah Datar

Sumber : https://www.alukah.net/sharia/1128/156080/خطبة-ماذا-تعلمنا-من-الحج

 4,474 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 6 4 8 2 3
Users Today : 8
Users Yesterday : 47
Views Today : 13
Views Yesterday : 111
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.236.52.68

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
Oktober 2022
S M T W T F S
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran