Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

APA YANG KAMU TIDAK TAHU TENTANG YUSUF AL-QARADHAWI

Yusuf al-Qaradhawi adalah seorang ilmuwan agama  Islam berkebangsaan Mesir, ia terkenal dengan acaranya “al-syari’ah wal al-Hayah” di chanel al-Jazeeraj, dan ia adalah ketua Persatuan Ulama Islam Dunia.

Sejarah Yusuf Al-Qaradhawi

Yusuf Abdullah Al-Qaradhawi adalah seorang ulama Mesir dan bekas ketua persatuan ulama Muslim se-dunia, ia hafal Al-Quran sewaktu kecil, menyelesaikan pendidikan ‘Aliahnya di salah satu sekolah Al-Azhar dengan rangking kedua seantero Mesir

Setelah itu ia melanjutkan ke Fakultas Usuluddin Universitas Al-Azhar dan menamatkannya pada tahun 1953, ia memegang rangking satu di antara teman-temannya, ia juga menyelesaikan pendidikan Tadris di Fakultas Bahasa Arab  Al-Azhar tahun 1954, dan mendapatkan rangkin satu juga.

Awal Yusuf Qaradhawi

Ia dilahirkan pada tanggal 9 September 1926 di sebuah desa bernama Shift Turab di daerah Mahalla Kubra Propinsi al-Gharbiyah Kerajaan mesir ketika itu, bapaknya meniggal ketika ia berumur dua tahun, maka ia disekolahkan oleh pamannya, ia manghafal keseluruhan al-Quran pada usia yang sangat dini.

Belajar di salah satu sekolah Menengah Atas Al-Azhar. Dan menyelesaikannya dengan menjadi juara 2 seantero Mesir, kemudian ia melanjutkan studi ke Fakultas Usuluddin Universitas Al-Azhar, dan menyelesaikannya pada tahun 1953 da menempati rangking pertama diantara 180 murid pada waktu itu.

Pada tahun 1949 dan pada masa kerajaan ia dicekal karena bergabung dengan jamaah Ikhwan Muslimin, dan pada masa Negara kesatuan di pimpin oleh Gamal Abdunasir ia dicekal pada bulan Januari 1954, setelah itu di cekal kembali pada bulan November tahun yang sama, dan mendekam di penjara selama duapuluh bulan, dan di cekal kembali kali ke tiga, dan meninggalkan Mesir pada tahun 1961 menuju Qatar.

Ia juga mendapatkan ijazah pendidikan dari Fakultas Bahasa Arab Universitas Al-Azhar pada tahun 1958, dan mendapatkan Diploma Ma’had Dirasat Bahasa Arab Ulya Universitas Arabiyah spesialisasi Bahasa dan Adab.

Pada tahun 1960, ia mendapatkan ijazah tinggi  Jurusan Ilmu Quran dan Sunnah, yang di setarakan dengan ijazah Magister  di Fakultas Ushuluddin Al-Azhar.

Pada tahun 1973, menyelesaikan pendidikan Doktor dengan Prediket Cumlaude di Fakultas yang sama  penelitian yang diangkat tentang ”zakat dan pengaruhnya untuk menuntaskan masalah sosial”

Kehidupan Pribadi Yusuf Al-Qaradhawi

Hidup di Qatar, menikah dua kali pertama dengan wanita Mesir bernama Is’ad Abdul Jawad bulan Desember 1958, mempunyai empat anak perempuan dan tiga laki-laki, mereka adalah; Ilham, Siham, Ala, Asma’, Hamad, Abdurrahman dan Osamah.

Ilham Qaradhawi adalah Profesor Fisika Nuklir di Universitas Qatar, dan Siham Qaradhawi Doltor Kimia Cahaya, dan penyair Abdurrahman Qaradhawi mendapatkan Bakelorius fakultas Syariah Universiat Qatar, dan mendapatkan Magister tetang Maqashid Syari’ah Islamiyah dari Universitas Dar el-Ulum Cairo.

Adapun Istri kedua namanya Asma’ Al-Qadah yang ia jumpai pada tahun delapan puluhan, dan ia masih berstatus mahasiswi Universitas Al-Jazair dan bekerja sebagai produser acara televisi khusus wanita, yang menjadi cikal bakal chanel al-Jazeera.

Perkataan Qaradhawi Terkenal

“Problem umat  Islam adalah orang Islam tidak tahu bahwa Israel telah mengubah padang pasir menjadi oasis”

 Prestasi Yusuf al-Qaradhawi

Yusuf al-Qaradhawi telah mengarang lebih dari 120 buku akademik dan ini dianggap sebagai hasil karya terpenting  dari karya-karyanya.

Telah mengarang banyak buku dan karangan-karangan, seperti kita Qanun dan yang dilarang dalam Islam, kitab Fikih Zakat, Halal dan Haram dalam Islam, Fikirh Jihad, Fikih Prioritas dan Fikih Negara.

Ia juga terkenal dengan acara Syariah dan Kehidupan di canel al-jazeera.

Pada tahun 1977 ia meletakkan dasar bagi fakultas syari’ah dan Dirasat Islamiah Universitas Qatar dan menjadi dekannya pada tahun yang sama mengumumkan dibangunnya Pusat sirah Nabawi dan Sunnah.

Dan banyak prestasi lainnya.

Diterjemahkan Oleh: M Abrar Ali Amran, Lc. MA

           Penerjemah Kemenag Tanah Datar

Sumber :  https://www.arageek.com/bio/yusuf-al-qaradawi

 3,366 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 6 8 8 6 4
Users Today : 47
Users Yesterday : 83
Views Today : 102
Views Yesterday : 178
Who's Online : 1
Your IP Address : 3.238.118.80

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
Desember 2022
S M T W T F S
27 28 29 30 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran