Jalan M. Yamin Bukit Gombak – Batusangkar, Telp. (0752) 71033

Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

ABADIKAN AMAL SHALEH SETELAH RAMADHAN

Khutbah Jum’at

Kita telah meninggalkan bulan al-Quran, bulan taqwa,  sabar Rahmat dan magfirah serta bulan terbebas dari neraka, kita belajar di sana sabar dan kesabaran dalam ketaatan dan meninggalkan maksiat, dan kita telah berjihad terhadap jiwa dan syahwat kita.

Ia adalah madrasah iman, dan halte ruhani untuk mempersiapkan diri bagi bulan yang lain, dan untuk mengasah keimanan bagi sisa umur, dan Ketika telah mengambil nasehat, I’tibar  dan mengambil manfaat serta merubah hidupnya dimana tidak mungkin dilakukan di luar Ramadhan, ia benar-benar madrasah untuk perubahan, kita ubah amalan dan akhlak kita serta kebiasaan yang menyimpang dari syari’at Allah SWT sebagaiman firman Allah : “janganlah engkau seperti wanita yang mengurai tenunannya setelah ia tenun begitu kuat dan menjadikan sumpah kamu sebagai main-main” QS. An-Nahl; 92, jangan seperti Wanita yang mengurai tenunannya jikalau engkau mengambil manfaat dari Ramadhan dan terealisasi sifat-sifat orang yang bertakwa, dan jika engkau berpuasa dengan benar, qiyam dengan benar, engkau berjihad terhadap dirimu dengan benar, maka pujilah Allah dan bersyukurlah, dan mintalah agar bisa tetap seperti itu sampai mati.

Jangan sekali-kali , jangan sekali-kali mengurai tenunan yang sudah di tenun.

Jangan sekali-kali Kembali kepada kemaksiatan, dan meninggalkan ketaatan serta amal shaleh setelah Ramadhan,  setelah engkau merasakan nikmatnya kektaatan serta lezatnya munajat, kemudian engkau Kembali kepada kemaksiatan, maka seburu-buruk kaum adalah mereka yang tidak mengenal Allah kecuali pada bulan Ramadhan, bentuk mereka banyak diantaranya:

Mereka yang menyia-nyiakan shalat jamaah, setelah masjid dipenuhi mereka yang shalat tarawih yang hukumnya sunnah kita lihat mereka berkurang pelaksanaannya dalam shalat lima waktu yang merupakan wajib dan dikafirkan mereka yang meninggalkannya!!!

Dan ini adalah tanda-tanda tidak dikabulkannya amal seseorang, nau’zubillah, Karena hakikat orang yang berpuasa adalah bergembira Ketika mereka berbuka, mereka memuji dan bersyukur kepada Allah atas sempurnanya puasa mereka, pada saat yang bersamaan mereka menangis karena takut kalau-kalau amal mereka tidak diterima sebabaimana para salaf terdahulu menangis selama enam bulan setelah Ramadhan, hanya untuk meminta diakabulkan.

Maka diatara tanda diterimanya amal adalah Ketika engkau melihat seseorang kondisi ibadahnya lebih baik dari sebelumnya, dan engkau lihat bertambah penerimaannya terhadap ketaatan, Allah SWT berfirman: “Agar bertambah keimanan bersama keimanan mereka” QS. Al-Fath;4. Artinya pertambahan kepada kebaikan baik sercara  Zahir ataupun batin, termasuk di dalamnya bertambahnya keimanan serta amal shalehnya, kalaulah seroang hamba bersyukur dengan sebenarnya kepada Allah maka engkau akan melihatnya bertambah kebaikan dan ketaatannya, dan ia menjauh dari maksiat dan syukur itu meninggalakan maksiat.

Demikianlah seharusnya seorang hamba berkelanjutan dalam ketaatan kepada Allah tetap dalam syariatnya dan lurus dalam agamanya, tidak mencari-cari alasan, dan menyembah Allah di satu bulan dan tidak di bulan yang lain, di satu tempat tidak di tempat yang lain, tidak seribu kali tidak, namun ia memahami bahwa tuhan Ramadhan sama dengan tuhan bulan lainnya.

Aqulu qauli haza waastaghfirullaal azim.

Penerjemah: M. Abrar Ali Amran

Penerjemah Kemenag Tanah Datar

Sumbar: https://www.alukah.net/sharia/1067/161949/دوام-العمل-الصالح-بعد-رمضان-خطبة/

 4,525 total views,  1 views today

Berita Terkini
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

1 2 4 2 0 6
Users Today : 141
Users Yesterday : 73
Views Today : 248
Views Yesterday : 168
Who's Online : 0
Your IP Address : 44.220.62.183


 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Agenda Kegiatan
Maret 2024
S M T W T F S
25 26 27 28 29 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31 1 2 3 4 5 6
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran