Selamat datang di website Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Membangun komunikasi, menjalin silaturahmi, dan berbagi informasi.

92 orang Operator pada Madrasah dan RA se Kab. Tanah Datar mengikuti kegiatan pembinaan EMIS

Tanah Datar , Inmas—Sebanyak 92 orang Operator pada Madrasah dan RA se Kab. Tanah Datar  mengikuti kegiatan pembinaan Education Management Information System (EMIS) Madrasah tahun 2021 , yang digelar olah Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama Kab. Tanah Datar, yang bertempat di di Aula SMKN 2 Tanah Datar, Jumat (26/2).

Pembinaan yang dibuka Kasubbag Tata Usaha Kantor kementerian Agama Kab. Tanah Datar, Drs. H. Yusmarli, MA dalam sambutannya mengatakan  tujuan sosialisasi ini agar sekolah atau madrasah yang berada di bawah naungan kementerian agama memiliki data yang akurat dan akuntabel sehingga menjadi lebih mudah di dalam melaporkan perkembangan madrasahnya

Setiap madrasah memiliki kewajiban untuk mengupdate data EMIS madrasah atau data PTK setiap semester dalam setiap tahun  yaitu melalui EMIS dan SIMPATIKA. Kedua program aplikasi tersebut adalah aplikasi penting dalam hal peng-updatan database madrasah dan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). Bahkan SIMPATIKA sendiri, baik madrasah atau RA harus mengaktifkan database masing-masing, jika tidak maka database mereka akan ditangguhkan bahkan mungkin dihapus secara permanen.

Pendataan EMIS sangat penting karena akan berimplikasi pada madrasah dan PTK itu sendiri. Pendataan EMIS yang benar dan terupdate dengan baik, maka akan mempermudah bagi madrasah dan PTK dalam berbagai hal yang berhubungan dengan kebutuhan pendataan.

Selanjutnya  Kasi Penmad,  H. Helmizuldi, S.Ag, M.Pd.I menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan bersumber dari DIPA Pendis Kementerian Agama Kab. Tanah Datar tahun 2021,.  

Education Management Information System yang sangat dikenal dengan nama EMIS sudah tidak asing lagi bagi operator madrasah. Dalam perjalanannya kehadiran EMIS sangatlah membantu, akan tetapi tidak sedikit pula yang dibuat pusing olehnya. Banyak para operator yang terbebani bahkan aja juga yang sampai putus asa di dalam memproses data dan input ke dalam sistem EM ISini.

Data EMIS dibangun digunakan sebagai pintu utama transfer data dari lembaga tingkat paling bawah menuju pusat. Artinya data-data yang dikirim oleh lembaga akan langsung masuk dan  bisa dilihat oleh dirjen pendis pusat. Data EMIS itulah yang nantinya Turut Menentukan Kualitas Perencanaan Program Pendis.

Selanjutnya, Kasi Bimas Islam, Helmizuldi dalam penyampaiannya menerangkan, operator data EMIS yang merupakan garda terdepan dalam pengelolaan data EMIS, data EMIS adalah sebagai acuan dalam melakukan rencana kerja Madrasah  dan RA. Perencanaan tanpa data, seperti mimpi di siang bolong, tanpa data program di Madrasah dan RA hampa, validnya data maka perencanaan  akan berdampak pada penganggaran yang akurat. Rentetannya sangat jelas. Apalagi sekarang pendataaan sudah didukung teknologi infomasi, ada telepon, sms, jaringan internet, pokoknya sarana prasarananya sudah lengkap, bandingkan dengan dulu yang hanya pakai surat,” jelasnya

“Kementerian Agama sudah mulai menerapkan  kebijakan bahwa setiap lembaga/guru/siswa yang menjadi sasaran program Ditjen Pendis bila tidak menginput data, tidak akan dilayani, misal : bantuan,  penerimaan bos, BPIP, beasiswa guru, tunjangan guru dan sebagainya”.  

Diakhir penyampaainnya Kasi Penmad menegaskan, “Jadi jangan pernah mengeluh dalam mengerjakan EMIS ini karena semua akan kembali ke lembaga masing-masing”.

Sebagai pemateri terakhir, Roky Ardinal, yang mengolah Data EMIS di Seksi Bimas Islam Kemenag Tanah Datar  menyampaikan, untuk meyamakan persepsi tentang engelolaan dan pendataan EMIS sangat penting kita pahami bahwa Data EMIS saat ini dan kedepannya sebagai  data rujukan untuk da lta lainnya untuk perkembangan madrsah dan RA.

berpedoman kepada beberapa kasus sebelum ini,  Sebagian atau mungkin kebanyakan madrasah atau RA masih ada yang menganggap remeh data, baik data EMIS maupun SIMPATIKA. Banyak sekali madrasah dan RA yang menyerahkan pengupdate-tan database mereka kepada Operator Madrasah, baik EMIS maupun Simpatika

ada 3 hal penting yang harus dilakukan dalam pendataan ini pertama, Updating Data, yaitu terus menerus melakukan update data supaya data yang tersaji adalah data paling akhir. Kedua, selalu melakukan kelengkapan data, data harus lengkap bahkan kalau perlu harus dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman, dan ketiga, setiap keputusan harus berbasis pada data, data sangat diperlukan dalam pengambilan keputusan, lembaga keagamaan (Novi)

 1,502 total views,  1 views today

Berita Terkini
Pencarian
Peta Lokasi Kemenag Tanah Datar
Temukan Kami di Facebook

Statistik Pengunjung

0 5 0 9 9 7
Users Today : 19
Users Yesterday : 44
Views Today : 41
Views Yesterday : 100
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.235.175.15

 


Jadwal Shalat Hari ini



Kategori Tulisan
Arsip Tulisan

 

Ikuti Kami di Twitter
Panel Login
Pencarian
Dokumentasi Kegiatan
Klik Slideshow di bawah untuk
melihat Galeri Foto secara lengkap
Kakamenag ...
Kakanwil m...
Kemenag be...
Penyerahan...
Raker 01
Raker 02
Raker 03
Raker 04
Daftar Website
Daftar Website di Lingkungan Kemenag Tanah Datar
Agenda Kegiatan
September 2021
S M T W T F S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 1 2
Info Keberangkatan Haji
Nomor Porsi
Tanggal Lahir
 Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958
 
 
* Perkiraan Berangkat dapat digunakan sehari setelah pendaftaran